Sukses

Hasil Tes Swab Covid-19 Negatif, Presiden Jokowi Ucap Syukur

Kepada masyarakat Indonesia, Jokowi pun mengingatkan bahwa imunitas adalah kunci agar terhindar virus corona.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi merilis hasil swab test corona kepada publik hari ini. Hasilnya, Presiden Jokowi dinyatakan negatif Covid-19.

"Tadi malam sudah keluar hasil tes swab-nya. Alhamdulillah negatif. Ibu (Iriana) juga negatif," kata Jokowi di Istana Bogor, Sabtu (25/7/2020).

Menunjukkan kebugarannya, Jokowi pun bersepeda di kompleks Istana. Menurutnya, giat berolahraga dilakukan guna menambah imunitas.

"Pagi hari ini saya berolahraga, bersepeda, agar badan lebih sehat lagi sehingga imunitas tubuh menjadi lebih baik," ujarnya.

Kepada masyarakat Indonesia, Jokowi pun mengingatkan bahwa imunitas adalah kunci agar terhindar virus corona. Selain itu, disiplin protokol kesehatan juga menjadi kewajiban dalam adaptasi kebiasaan baru.

"Saya berulang-berulang mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi, jangan lupa pakai masker, cuci tangan sehabis aktivitas, jangan masuk ke dalam kerumunan, dan jaga jarak. Itu yang paling penting harus kita jaga terus," Jokowi menandasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu Achmad Purnomo

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi akan melakukan swab test lebih cepat dari jadwal biasanya setelah ada kabar Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo positif virus Covid-19. Jokowi diketahui sempat bertemu dengan Purnomo pada pekan lalu.

"Untuk khusus hal Wakil Wali Kota Solo, saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jumat 24 Juli 2020.

Dengan adanya kabar Purnomo positif corona, kata Heru, Presiden dan seluruh perangkat akan mempercepat jadwal swab test.

"Jadwal Bapak Presiden memang hari ini tes kesehatan rutin," kata Heru.

Diketahui, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dikabarkan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan akhir pekan lalu. Purnomo mengatakan mendapat informasi dirinya positif Covid-19 pada Kamis (23/7/2020) sore.

"Coba tanya kepala dinas (kesehatan Kota Solo) saja, saya kan dua kali (tes swab) yang pertama negatif yang kedua kok kabarnya tendensi positif, saya ndak berani cerita. Nyuwun (minta) periksa kepala dinas Bu Ning saja. Ini hasilnya saya tunggu kok," ungkap dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Negatif Covid-19