Sukses

Jokowi Lantik Perwira TNI-Polri di Istana Negara

Ada 750 taruna yang berhasil menyelesaikan pendidikannya yang terdiri dari, 457 Akmil dan 293 merupakan Akpol. Prasetya Perwira ini juga disiarkan secara virtual di Youtube Sekretariat Presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik perwira TNI dan Polri lulusan Angkatan Militer (Akmil) dan Akademi Kepolisian (Akpol) 2019. Upacara pelantikan digelar di Istana Negara Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Ada 750 taruna yang berhasil menyelesaikan pendidikannya yang terdiri dari, 457 Akmil dan 293 merupakan Akpol. Prasetya Perwira ini juga disiarkan secara virtual di Youtube Sekretariat Presiden.

Pelantikan para perwira TNI berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 55/TNI/2020 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Militer. Sementara, bagi para perwira Polri berdasarkan Keppres Nomor 56/Polri/2020 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Kepolisian. Jokowi kemudian mengambil sumpah para perwira TNI dan Polri secara bersamaan.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," ucap Jokowi yang diikuti para perwira TNI-Polri.

"(Khusus Perwira TNI), bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan Sapta Marga," kata anggota TNI.

"(Khusus Perwira Polri), bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit Tribrata dan Catur Prasetya," bunyi sumpah perwira Polri.

"(Seluruh Perwira) Bahwa saya akan memimpin anak buah dengan memberi suri tauladan, membangun Karsa serta menuntun pada jalan yang lurus dan benar. Bahwa saya akan rela berkorban jiwa raga untuk membela nusa dan bangsa," ujar perwira TNI-Polri bersamaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Istana Negara

Pelantikan perwira TNI-Polri biasanya digelar di Halaman Istana Merdeka dan dihadiri oleh seluruh perwira dan orang tuanya. Namun dikarenakan pandemi virus corona (Covid-19), pelantikan kali ini digelar di Istana Negara dan hanya diwakili oleh empat peraih Adhi Makayasa.

Selain itu, pelantikan juga tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Baik Presiden Jokowi, perwira TNI-Polri, pejabat negara, serta tamu undangan yang hadir memakai masker serta menjaga jarak aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.