Sukses

Perhatikan 5 Aturan Peserta UTBK SBMPTN 2020

Liputan6.com, Jakarta - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UTBK SBMPTN 2020 diselenggarakan dalam suasana pandemi Corona Covid-19.

Oleh karena itu, pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 ini dibagi dua gelombang dan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku panitia pelaksana sudah menyiapkan sejumlah aturan protokol kesehatan yang harus diikuti oleh para peserta.

Melalui media sosial Instagram @ltmptofficial, salah satu protokol kesehatan yang harus dipatuhi peserta adalah mereka diminta untuk tetap di rumah menjaga kesehatan sebelum pelaksanaan tes.

"Melaksanakan tes ditengah pandemi menjadi tantangan baru bagi kita semua. Menaati seluruh protokol kesehatan dan memastikan kebersihan tetap terjaga menjadi tanggung jawab panitia dan peserta secara keseluruhan," tulis LTMPT, Minggu, 28 Juni 2020.

Berikut aturan protokol kesehatan yang disiapkan LTMPT untuk peserta UTBK SBMPTN 2020 dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 7 halaman

Tetap di Rumah dan Jaga Kesehatan

Melalui laman media sosial LTMPT @ltmptofficial, para peserta UTBK-SBMPTN diminta untuk tetap berada di rumah dan menjaga kesehatan agar saat tes yang akan digelar kurang dari seminggu lagi bagi tahap I dan dua minggu bagi tahap II bisa dengan maksimal dilalui.

"Menjaga kesehatan dan disarankan untuk tetap di rumah (stay at home)," tulis LTMPT.

 

3 dari 7 halaman

Cari Informasi

Peserta juga diminta mencari informasi lokasi tes dengan cara melihat lokasi pada web Pusat UTBK PTN tanpa harus datang ke lokasi ujian.

Selain itu, peserta diminta membuat prakiraan waktu tempuh dari tempat tinggal ke lokasi ujian supaya tak terlambat di lokasi ujian.

 

4 dari 7 halaman

Aturan saat Tes

Saat datang ke lokasi, para peserta UTBK SBMPTN 2020 wajib untuk menggunakan masker, sarung tangan dan juga face shield atau pelindung wajah.

Tak lupa para peserta juga wajib membawa seluruh dokumen yang dibutuhkan saat tes. LTMPT mengimbau supaya peserta sebelum menjalankan tes untuk sarapan terlebih dulu di rumahnya masing-masing.

 

5 dari 7 halaman

Waktu Tiba di Lokasi Tes dan Cek Suhu

Para peserta yang menjalankan tes pada sesi pagi paling lambat tiba di lokasi ujian pada pukul 08.15 WIB.

Sementara untuk sesi siang 13.15 WIB. Setelah itu mereka menunggu di area tunggu yang telah disediakan panitia tes.

Peserta wajib mengikuti prosedur sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang diterapkan LTMPT.

Menurut postingan @ltmptofficial, apabila suhu tubuh peserta melebih ketentuan, yakni 37,5 drajat selsius, maka mereka tak diperkenankan untuk mengikuti ujian.

Sementara itu, untuk sesi pagi para peserta sudah berada di depan ruang ujian dan berbaris sesi protokol kesehatan paling lambat pukul 08.45 WIB dan sesi siang 13.45 WIB. Para peserta juga diminta memasuki ruang ujian sesuai instruksi dari pengawas.

 

6 dari 7 halaman

Ikuti Tes hingga Selesai

Para peserta akan diminta meletakkan peralatan yang tak digunakan dalam tes, termasuk jam tangan ke tempat yang telah disediakan. Para pengawas juga akan memverifikasi dokumen yang dibutuhkan untuk tes.

Para peserta juga diminta untuk secara saksama menyimak instruksi yang dipaparkan pengawas dan mereka diperkenankan untuk melontarkan pertanyaan. Peserta juga diminta untuk melakukan latihan tes nanmu dilarang berbicara dengan peserta lain.

Para peserta dilarang bertanya tentang materi soal yang ada. Di samping itu selama ujian para peserta dilarang untuk keluar ruangan.

Setelah menyelesaikan tes, para peserta tak diperkenankan untuk meninggalkan tempat duduknya hingga dipersilakan oleh pengawas. Saat keluar, para peserta diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Usai meninggalkan ruangan tes, peserta diminta untuk langsung pulang ke kediaman masing-masing dan langsung mandi dan mencuci pakaian yang dikenakan saat ujian.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: