Sukses

Kebun Raya Bogor Siap Buka Kembali Awal Juli 2020

Pengelola telah mempersiapkan perubahan standar dan protokol baru dalam kawasan yang memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan itu.

Liputan6.com, Bogor - Wisata Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat akan dibuka kembali untuk wisatawan. Rencananya, tempat wisata non-situ itu dibuka awal Juli 2020.

Saat ini, pihak pengelola telah mempersiapkan perubahan standar dan protokol baru menuju The New Normal Pariwisata di dalam kawasan obyek wisata yang memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan itu.

Penerapan protokol kesehatan standar meliputi aturan penggunaan masker bagi pengunjung dan karyawan, pengecekan suhu, penyediaan tempat cuci tangan, pembatasan kunjungan juga akan diberlakukan. Kemudian rutin menyemprot disinfektan di sekitar kawasan itu.

Humas Kebun Raya Bogor Zaenal Arifin mengatakan, pembukaan wisata Kebun Raya Bogor dan Museum Zoologi akan dikoordinasikan dengan Wali Kota Bogor Bima Arya.

"Minggu ini kami akan ajukan, semoga tanggal 1 Juli Kebun Raya Bogor sudah buka," kata Zaenal, Selasa (23/6/2020).

Penerapan protokol kesehatan di Kebun Raya Bogor, lanjut Zaenal, telah disiapkan sejak Pemkot Bogor menggaungkan melakukan fase transisi new normal di seluruh tempat. Tak terkecuali obyek wisata yang menjadi ikon Kota Bogor.

Persiapan protokol kesehatan di Kebun Botani Bogor dilakukan agar dapat memberikan rasa nyaman dan menghindarkan wisatawan dari kemungkinan penularan Covid-19 ketika dibuka kembali.

Oleh karena itu, ia menjamin obyek wisata yang menjadi ikon Kota Bogor ini siap melayani wisatawan sesuai protokol kesehatan.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membeli Tiket Daring

Jumlah pengunjung, misalnya, akan dibatasi 50 persen dari rata-rata jumlah pengunjung harian di waktu normal.

"Untuk kategori ibu hamil, anak usia lima tahun ke bawah, dan lansia apakah diperbolehkan berkunjung atau tidak, masih dalam pembahasan," terangnya.

Selain itu, pada saat uji coba selama sepekan mulai 1 Juli, hanya berlaku bagi member Kebun Raya Bogor. Agar lebih mudah terdata dan tidak menimbulkan antrean dan interaksi lebih lama dengan petugas, lanjut Zaenal, wisatawan juga diminta untuk membeli tiket secara daring.

"Tanggal 1 Juli kita lakukan uji coba dulu selama sepekan, khusus pengunjung member dan pembelian tiket secara online," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.