Sukses

CFD Belum Buka, Dishub DKI Sediakan Satu Jalur Sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di wilayah DKI Jakarta masih ditiadakan. Hal tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kendat begitu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan satu jalur untuk sepeda di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin pada Minggu (14/6/2020). Jalur tersebut akan dibuka mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengimbau agar masyarakat tetap melaksanakan kegiatan bersepeda dengan menerapkan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker hingga menjaga jarak satu sama lainnya.

"Akhir pekan ini, HBKB belum dapat dibuka kembali. Namun, warga dapat memanfaatkan satu lajur paling kiri di Jalan Sudirman-Thamrin untuk bersepeda," kata Syafrin dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/6/2020).

Selain itu, kata dia, sejumlah personel dari Dishub DKI akan dikerahkan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin. Hal itu guna memastikan warga tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dishub DKI juga memasang cone pembatas jalan untuk keamanan dan kenyamanan dalam jalur yang disediakan. "Bagi para pejalan kaki, hanya dapat menggunakan trotoar untuk aktivitas olahraga di akhir pekan," tutur Syafrin.

 

2 dari 3 halaman

PSBB Transisi

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam jumpa pers di Balai Kota Jakarta, Kamis siang.

"Menetapkan PSBB di Jakarta diperpanjang dan menetapkan bulan Juni sebagai masa transisi," ujar Anies, Kamis (4/6/2020).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: