Sukses

Adaptasi New Normal, Pemerintah Siapkan 3 Strategi Lawan Covid-19

Sebab permasalahan Covid-19 bukan semata-mata persoalan kesehatan, namun juga menyangkut ekonomi dan sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan tiga strategi melawan Covid-19 untuk beradaptasi saat mulai memasuki tatanan kehidupan baru atau new normal. Tujuannya, agar kehidupan sosial dan ekonomi berangsur-angsur pulih seperti sediakala.

"Dengan tetap memperhatikan data dan fakta di lapangan. Sebab permasalahan Covid-19 bukan semata-mata persoalan kesehatan, namun juga menyangkut ekonomi dan sosial," kata Moeldoko pada Rapat Pimpinan Nasional III Majelis Nasional KAHMI di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (9/6/2020). 

Moeldoko menjelaskan tiga strategi utamanya, pertama pemerintah berusaha maksimal agar tidak terjadi kasus yang terus meningkat.

Kedua, pemerintah berjuang agar masyarakat bisa menjaga kelangsungan hidup. Ketiga, pemerintah menjaga agar masyarakat harus tetap bisa melangsungkan usahanya.

"Karenanya pemerintah menetapkan program perluasan bantuan sosial dan jaring pengaman sosial, mendukung pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di masa pandemi ini," jelas Moeldoko. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggarkan Biaya dari APBN

Moeldoko menyatakan, demi mencapai tiga strategi tersebut, pemerintah sudah menganggarkan biaya dari APBN. Tujuannya untuk memberi perhatian penuh terhadap sektor ekonomi agar masyarakat akan dilanda kesulitan berlebih.

"Prioritas utama pemerintah adalah bagaimana menangani Covid-19 di berbagai sektor, tidak hanya kesehatan," tegas mantan Panglima TNI ini menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.