Sukses

DPR Dorong Pekerja Migran Terdampak Corona Ikut Program Kartu Prakerja

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Nurul Arifin menyoroti banyaknya Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke tanah air lantaran terdampak virus corona Covid-19. Dia pun mendorong mereka mendaftarkan diri dalam program Kartu Prakerja.

"Kita dorong pekerja migran ini untuk ikut mendaftar program Kartu Prakerja. Mereka adalah warga negara Indonesia, yang juga berhak untuk mendapatkan hak yang sama. Namun tentunya mereka juga harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan,” kata Nurul, Minggu (31/5/2020).

Dia berharap para pekerja migran yang terdampak pandemi corona ini mendapatkan kemudahan lewat program tersebut.

"Kita berharap, pekerja migran ini mendapat atau menambah skill baru dan keterampilannya lewat pelatihan di program Kartu Prakerja. Kita juga harus mendorong mereka untuk menjadi entrepreneur baru di daerah atau desanya masing-masing," ungkap Nurul.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini yakin para pekerja migran telah memiliki sejumlah tabungan selain keterampilan. Jika ditambah dengan program pelatihan di Kartu Prakerja, diharapkan mereka bisa membuat dan menumbuhkan usaha mikro.

"Usaha baru tersebut diharapkan menggeliatkan ekonomi dalam skala kecil di daerah mereka," ungkap Nurul.

 

2 dari 3 halaman

Buka Lapangan Kerja Baru

Selain itu, masih kata dia, jika bisa menghidupkan ekonomi kecil, para pekerja migran itu tentu bisa membuka lapangan kerja baru.

"Selain itu juga bisa membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat korban PHK," tukasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: