Sukses

Seluruh ABK Negatif Covid-19, Wali Kota Tarakan Lepas Keberangkatan KMP Julung-Julung

Wali Kota Tarakan, Khairul secara resmi melepas pelayaran KMP Julung-Julung di Pelabuhan Ferry Juata, yang ditandai dengan penyerahan surat keterangan kesehatan kepada salah satu perwakilan dari KMP Julung-Julung.

Liputan6.com, Jakarta KMP Julung-Julung kembali melakukan pelayarannya. Wali Kota Tarakan, Khairul secara resmi melepas pelayaran KMP Julung-Julung di Pelabuhan Ferry Juata, yang ditandai dengan penyerahan surat keterangan kesehatan kepada salah satu perwakilan dari KMP Julung-Julung, Selasa (26/5/2020)

Pelepasan masa karantina anak buah kapal (ABK) berjumlah 16 orang tersebut. Dihadiri juga oleh Kepala KSOP Kelas lll A Tarakan, Kepala KKP Kelas ll Tarakan, Kepala BPBD Tarakan, dan Camat Tarakan Utara.

"Kita umumkan bahwa hari ini kapal sudah bebas, secara resmi dilepas karena sudah dilakukan sesuai dengan prosedur dari Karantina hingga hasil PCR semuanya negatif," ujarnya

Sesuai dengan prosedur ke 16 orang ABK KM Julung-Julung telah menjalani masa karantina selama 15 hari dan telah mengikuti swab test yang menunjukkan hasilnya negatif Covid-19.

"Semuanya sudah dinyatakan bebas dan sesuai dengan prosedur sudah kita sampaikan kepada KKP dan KSOP sehingga tadi pagi sudah dilakukan penyemprotan disinfektan," jelasnya.

Diketahui, saat KMP Julung-Julung tiba tidak diperbolehkan bersandar di dermaga dan langsung dilakukan karantina sebagian di atas kapal dan 7 orang lainnya dikarantina di Gor Area Sport Center.

"Karena masyarakat sempat ramai dan khawatir, sehingga kita lakukan pelepasan secara resmi agar semuanya tau dan tidak perlu takut lagi karena sudah sesuai prosedur dan hasilnya negatif," tutupnya

KMP Julung-Julung berangkat dari Toli-Toli pada 9 Mei 2020 dan sampai di Tarakan pada 11 Mei 2020 pagi.

Sememtara itu terdapat penambahan 7 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, yaitu :

  1. COVID15, Km (Laki-Laki) Kel. Kp I Skip RT. 16
  2. COVID22, Hs (Laki-Laki) Kel. Pantai Amal RT. 7
  3. COVID24, Dw (Laki-Laki) Kel. Lingkas Ujung RT. 12
  4. COVID25, J (Laki-Laki) Kel.Lingkas Ujung RT. 7
  5. COVID30, RA (Laki-Laki) Kel. Karang Anyar pantai RT. 17
  6. COVID33, MI (Laki-Laki) Kel. Mamburungan RT. 15
  7. COVID34, S (Perempuan) Kel. Mamburungan RT 5

Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 di kota Tarakan menjadi 20 orang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini