Sukses

Dapat Keringanan Hukuman, Romahurmuziy Akan Bebas Malam Ini

MA mengaku telah menerima permohonan Kasasi yang diajukan Jaksa Penuntut KPK atas perkara Romi.

Liputan6.com, Jakarta - Romahurmuziy, terpidana kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama, akan resmi bebas malam ini. Pria yang karib disama Romi ini akan bebas setelah permohonan pemotongan masa tahanan dari dua tahun menjadi satu tahun dikabulkan Pengadilan Tinggi Jakarta.

"Insya Allah (Romi dikeluarkan dari tahanan). Saya sudah di KPK, lagi menunggu beliau (keluar)," kata Maqdir saat dikonfirmasi, Rabu (29/4/2020) malam.

Bebasnya Romi juga diperkuat dengan pernyataan Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango. Menurut dia, pihaknya akan mengeluarkan Romi dari tahanan malam ini.

"Karena (sesuai) hitungannya hari ini," singkat dia saat dikonfirmasi terpisah.

Namun, lanjut dia, KPK yang mengetahui Romi akan bebas malam ini lantas tidak diam. KPK mengaku sudah mengajukan kasasi kepada Mahkamah Agung (MA) terkait banding atas putusan pemotongan masa tahanan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menerima Permohonan Kasasi

Terpisah, MA mengaku telah menerima permohonan Kasasi yang diajukan Jaksa Penuntut KPK atas perkara Romi. Namun menurut MA, berdasarkan KUHAP dan Buku II MA Romi tetap dapat bebas meski kasasi KPK sudah diajukan.

"Menurut KUHAP dan Buku II MA, Ketua PN dapat memerintahkan dikeluarkan dari tahanan demi hukum," kata Jubir MA Andi Samsan saat dikonfirmasi, Rabu ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.