Sukses

Jokowi Minta Mensos dan Menkeu Segera Bagikan Bantuan Pada Masyarakat Terdampak Corona

Jokowi meminta kepada menteri terkait segera membagikan kartu prakerja, untuk para pekerja yang terkena PKH, serta kartu sembako.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada Menteri Sosial Juliari P. Batubara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani segera membagikan bantuan sosial untuk masyarakat. Dia menjelaskan saat ini keadaan sudah mendesak ditengah pandemi Corona Covid-19.

"Saya minta mensos dan menkeu juga minggu ini semuanya harus bisa jalan. Ini sudah sangat sangat mendesak," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas bersama Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19 melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (13/4/2020).

Dia meminta kepada menteri terkait segera membagikan kartu prakerja, untuk para pekerja yang terkena PKH akibat Corona, serta kartu sembako.

"Semua harus berjalan minggu ini," jelas Jokowi.

Dia menjelaskan saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan. Jangan sampai kata Jokowi, pemerintah hanya memberikan janji saja.

"Saya melihat bahwa kebutuhan itu sudah ditunggu oleh masyarakat jangan nanti di bawah melihat hanya omong saja tapi barang enggak sampai ke rakyat ke masyarakat," tegas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masa yang Berat

Jokowi mengatakan bahwa saat ini virus Corona (Covid-19) telah melanda 290 negara, termasuk Indonesia. Jokowi mengakui pandemi Corona merupakan masa-masa yang berat dan sulit bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

"Masa yang berat bagi kehidupan kita, bahkan pandemi Corona ini telah membawa kesedihan bagi sebagian orang dan kesulitan bagi banyak orang. Kita semua mengalami perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Jokowi dalam sebuah video dari Sekretariat Presiden, Jumat (10/4/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap tinggal di rumah. Menurut dia, dengan cara itu maka dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

"Dan artinya telah menyelamatkan banyak keluarga dari virus ini," ucapnya.

Jokowi mengajak agar masyarakat bersama-sama menangani wabah Corona dengan bergotong royong dan bersatu padu. Dia menekankan bahwa ada banyak negara yang tengah mengatasi virus tersebut.

"Tetaplah bersabar, optimis, tetap disiplin berada di rumah, jaga jarak dalam berhubungan, berinteraksi dengan orang lain, hindari kerumunan, rajin mencuci tangan, pakailah masker saat kelur rumah," jelasnya.

Dia menyebut apabila masyarakat disiplin mengikuti kebijakan pemerintah maka akan segera kembali ke situasi normal. Masyarakat dapat bersilaturahmi dan bertemu dengan teman, kerabat, serta tetangga tanpa perlu khawatir tertular virus Corona.

"Tapi untuk saat ini marilah kita tetap berada di rumah saja" kata Jokowi.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19