Sukses

Jokowi: Pandemi Corona Masa yang Berat bagi Kehidupan Kita

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa saat ini virus Corona (Covid-19) telah melanda 290 negara, termasuk Indonesia. Jokowi mengakui pandemi Corona merupakan masa-masa yang berat dan sulit bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

"Masa yang berat bagi kehidupan kita, bahkan pandemi Corona ini telah membawa kesedihan bagi sebagian orang dan kesulitan bagi banyak orang. Kita semua mengalami perubahan besar dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar Jokowi dalam sebuah video dari Sekretariat Presiden, Jumat (10/4/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap tinggal di rumah. Menurut dia, dengan cara itu maka dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

"Dan artinya telah menyelamatkan banyak keluarga dari virus ini," ucapnya.

Jokowi mengajak agar masyarakat bersama-sama menangani wabah Corona dengan bergotong royong dan bersatu padu. Dia menekankan bahwa ada banyak negara yang tengah mengatasi virus tersebut.

"Tetaplah bersabar, optimis, tetap disiplin berada di rumah, jaga jarak dalam berhubungan, berinteraksi dengan orang lain, hindari kerumunan, rajin mencuci tangan, pakailah masker saat kelur rumah," jelasnya.

Dia menyebut apabila masyarakat disiplin mengikuti kebijakan pemerintah maka akan segera kembali ke situasi normal. Masyarakat dapat bersilaturahmi dan bertemu dengan teman, kerabat, serta tetangga tanpa perlu khawatir tertular virus Corona.

"Tapi untuk saat ini marilah kita tetap berada di rumah saja" kata Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Penghargaan untuk Tenaga Medis

Dalam kesempatan ini, mantan Wali Kota Solo itu menyampaikan penghargaan sekaligus apresiasi kepada seluruh dokter, perawat dan tenaga medis yang telah berjuang di garis depan menangani pasien corona. Selain itu, juga kepada TNI, Polri, para relawan yang telah melaksanakan tugas di luar rumah utk kita semua.

"Atas nama masyarakat dan negara saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya karena apa yang bapak, ibu, dan saudara-saudara akukan merupakan pengorbanan yg luar biasa," tutur dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • COVID-19