Sukses

Teriakan Dokter Tirta soal Penanganan Covid 19: Segera Lakukan Karantina Wilayah

Tirta juga meminta kesiapan pangan dicek sebelum diberlakukan karantina wilayah.

Liputan6.com, Jakarta - Dokter muda relawan Covod 19 Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab dikenal dengan dr Tirta menyatakan, satu-satunya jalan menghentikan penyebaran virus corona Covid 19 di Indonesia adalah dengan melakukan karantina wilayah sesegera mungkin. 

"Kalau mau selesai, satu-satunya cara adalah menahan migrasi orang-orang, sehingga infeksi rate bisa dikontrol sambil tenaga medis menyelesaikan masalah," ujar dr Tirta dikutip Liputan6.com dari akun Instagramnya, Minggu (29/3/2020).

Tirta menyatakan. jumlah orang yang terinfeksi Covid 19 terus meningkat saat ini. Jumlah positif sudah mencapai ribuan dan yang meninggal sudah menembus angka seratus jiwa. Jumlah ini berpotensi meroket di April nanti. 

Dokter Alumi UGM ini menilai kampanye yang dilakukan pemerintah terkait Covid 19 terbukti tidak efektif karena tidak didukung dengan sanksi yang tegas.

"Kamu melarang orang mudik, tapi ga ada sanksinya. Ya percuma," ujarnya.

Saat ini karantina wilayah sudah menjadi keharusan. Akses keluar masuk Jakarta sudah harus ditutup 5 hari ke depan untuk menghindari migrasi.   

"Ini bukan becandaan. siapaun sekarang bisa kena (Covid 19). orangtuamu, anak-anakmu, tetanggamu, temanmu bisa kena sekarang," tegasnya.

Tirta juga meminta kesiapan pangan dicek sebelum diberlakukan karantina wilayah. Kepala daerah bisa meminta bantuan aparat terkait untuk memastikan keamanan stok logistik dari potensi penjarahan yang terjadi saat karantina wilayah diberelakukan.

"Kepala daerah harus lindungi  pangan di seluruh kota masing-masing," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng Pakar Ekonomi

Dia juga meminta Presiden Jokowi agar segera mengajak bicara pakar ekonomi ke Istana plus minus karantina wilayah.

"Sesudah itu segera buat keputusan seminggu ke depan untuk sosuli mengenai indonesia," sambungnya.

"Undang-undang karantina harus diaktifkan. Kesiapaan pangan menjadi tanggungjawab pemerintah," ujarnya.

Dia meminta semua  dana semua konglomerat dialihkan untuk.

"Silakan safe life ini disebarkan. Saya buka artis, bukan politisi, karantina harus dilakuakan saya muak dengan kondisi ini," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.