Sukses

150 Ribu Kit Alat Kesehatan Covid-19 dari China Tiba di Indonesia

Pemerintah akan mendatangkan lagi alkes Covid-19 hingga mencapai 1 juta kit.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau Covid-19, Achmad Yurianto menyampaikan, sebanyak 150 ribu kit medis terdiri dari obat dan alat kesehatan yang dijemput dari China telah tiba di Indonesia.

"Kit 150 ribu hari ini sudah berada di Tanah Air," tutur Yurianto di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Minggu (22/3/2020).

Menurut Yurianto, pesawat Hercules milik TNI yang mengangkut ratusan ribu obat dan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 itu saat ini sudah berada di Natuna, Kepulauan Riau untuk transit sejenak. Penerbangan selanjutnya akan langsung menuju ke Jakarta.

"Akan kita sebarkan ke seluruh Tanah Air sesuai pengelompokan risiko atas kasus positif di rumah sakit. Tidak lama lagi kita juga akan datangkan jumlah yang lebih besar sehingga total mencapai satu juta kit," jelas Yurianto.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, pesawat Hercules milik TNI sudah terbang kembali dari Shanghai, China menuju Indonesia dengan membawa obat dan juga alat kesehatan (alkes) untuk menangani virus Corona atau Covid-19 di tanah air.

Hadi menambahkan, nantinya seluruh obat dan alat kesehatan untuk virus corona Covid-19 itu akan disimpan di Gudang Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Barang-barang itu menjadi tanggung jawab dari Kepala Gugus Tugas (Doni Monardo), sehingga nanti akan digudangkan di Halim dan besok akan diterima oleh Wamenhan dan Kasum TNI," kata Hadi di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiba di Jakarta Besok

Panglima TNI memprediksi, pesawat Hercules pengangkut alat kesehatan itu akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada Senin 23 Maret 2020 sekitar pukul 09.30 WIB.

"Hari ini mereka terbang dari Shanghai menuju Jakarta, kemungkinan akan transit dulu di Ranai karena jaraknya jauh. Dan besok pagi pesawat akan landing di Halim kurang lebih pukul 09.30," katanya.

Lebih lanjut, Hadi menyampaikan, pesawat Hercules itu telah membawa seluruh obat-obatan dan alat kesehatan seberat sekitar 9 ton untuk menangani virus corona Covid-19.

"Kapasitas membawa peralatan maupun obat kurang lebih 9 ton," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.