Sukses

Wisma Atlet Bisa Digunakan untuk Isolasi Pasien Covid-19 Pekan Depan

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menyiapkan Wisma Altet sebagai alternatif tempat isolasi pasien terinfeksi virus Corona atau penderita Covid-19. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Doni Munardo menjelaskan, wisma tersebut sudah bisa digunakan pada Senin 23 Maret 2020.

"Khususnya untuk Wisma Atlet, tim gabungan telah melakukan survei ke Wisma Atlet di Kemayoran. Saat ini sudah ada 2 tower. Tidak lama lagi, hari Senin, sudah bisa berfungsi untuk sekitar 2.000 tempat tidur," kata Doni usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui teleconference di Jakarta, Kamis (19/3/2020).

Dia menjelaskan, penanganan pasien Covid-19 di Wisma Atlet akan diserahkan ke gabungan satuan TNI. Tentunya, kata Doni, kualifikasinya dari bidang tenaga medis.

"Dari AD, AL, juga AU di bawah kendali dari Puskes TNI," kata Doni.

Menurut dia, Presiden Jokowi sudah memberikan arahan terkait dengan penanganan isolasi pasien Covid-19. Juga terkait rute evakuasi pasien dan petugas.

"Supaya para petugas harus dalam posisi aman," lanjut Doni.

 

2 dari 3 halaman

Bersinergi

Doni juga menjelaskan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Erick Tohir ikut bersinergi. Mereka akan mengatur ketersediaan logistik dan hospitality.

"Telah mengatur power yang akan digunakan untuk dukungan logistik dan untuk hospitality untuk penyelenggaranya. Baik untuk unsur TNI, sebagian Polri, juga tenaga medis lainnya," ungkap Doni.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: