Sukses

WNI Tertular Corona saat Berdansa di Hari Valentine

Tertularnya virus tersebut ketika salah seorang warga negara Jepang bertamu ke kediaman temannya di Indonesia. Menkes Terawan menyebut kediaman teman dari warga Jepang itu berada di dekat Depok, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Dua orang warga negara Indonesia positif terjangkit virus Corona atau Covid-19. Keduanya kini telah dirawat dan diawasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Pusat.

Tertularnya virus Corona ketika salah seorang warga negara Jepang bertamu ke kediaman temannya di Indonesia. Menkes Terawan menyebut kediaman teman dari warga Jepang itu berada di dekat Depok, Jawa Barat.

"Dia (WN Jepang) itu guru dansa. Dia dansa dengan teman dekatnya itu pada 14 Februari," kata Menkes Terawan di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Senin (2/3/2020).

Lalu pada tanggal 15 Februari 2020, WNI tersebut mengalami batuk-batuk dan tidak enak badan. Dia lalu melakukan rawat jalan di rumah sakit di Depok.

Sakit terus berlanjut oleh pasien tersebut. Baru pada tanggal 26 Februari 2020 pasien tersebut minta dilakukan perawatan di rumah sakit.

"Dia minta dirawat aja, wong batuknya enggak ilang-ilang," kata Terawan.

Baru pada tanggal 28 Februari 2020, warga Jepang yang tinggal di Malaysia dan bertamu ke pasien tersebut menelepon dan mengabarkan bahwa dia (WN Jepang) positif Corona.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Pengungkapan Corona Masuk Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan, virus Corona atau Covid-19 telah masuk Indonesia. Terdapat dua warga di Indonesia masing-masing berusia 64 tahun dan 31 tahun yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

"Tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona," ujar Jokowi di Istana, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Jokowi menuturkan, kasus masuknya virus Corona ke Tanah Air itu terungkap setelah ada laporan warga negara Jepang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona usai berkunjung ke Indonesia. Pemerintah kemudian menelusuri siapa saja yang kontak dengan WN Jepang tersebut.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif Corona, tim dari Indonesia langsung telusuri. Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu.  Ternyata orang yang terkena virus Corona berhubungan dengan dua orang: ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," tutur Jokowi.

Jokowi memastikan, kedua orang tersebut telah dirawat intensif di rumah sakit. Hanya saja, dia tidak menjelaskan di mana rumah sakit tempat dua orang positif virus Corona itu dirawat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.