Sukses

WNI dari Kapal World Dream dan Diamond Princess Akan Diobservasi di Tempat Berbeda

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia masih terus berkoordinasi dengan beberapa pihak menyangkut rencana evakuasi WNI dari Kapal World Dream dan Diamond Princess.

Diketahui, di kapal tersebut sebagian orang telah dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto belum bisa memastikan kapan evakuasi itu dilakukan. Tapi pihaknya menyebut bahwa WNI dari kedua kapal tersebut akan dievakuasi ke Indonesia dan ditempatkan di Pulau Sebaru Kecil di Kepulauan Seribu.

"Pulaunya digabung, tempatnya dipisahkan ya. Pulaunya satu kok, di mana? Cuma tempatnya di pisahkan," ujar dia di Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Sementara itu Menenteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut, bahwa ada total 78 WNI yang berada di Kapal Diamond Princess. Namun delapan di antaranya ditetapkan positif terjangkit virus corona.

"Jadi jumlahnya 78 dari sembilan sampai kemarin dinyatakan positif. Kemudian satu sudah dinyatakan negatif jadi yang positif ada delapan," ungkap dia.

2 dari 3 halaman

Evakuasi Bersifat Sukarela

Sedangkan dua WNI lainnya memilih untuk tetap tinggal. Mengingat evakuasi tersebut bersifat sukarela dari para WNI.

"Evakuasi ini sifatnya sukarela. Jadi jika ada WN yang memilih untuk tinggal. Sampai saat ini, bisa saja ada perubahan. Ada 68 yang akan dievakuasi," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: