Sukses

Pemulangan WNI dari Wuhan dan Pencabutan Bebas Visa China Tuai Apresiasi

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris mengatakan, langkah pemerintah mencegah penyebaran virus Corona dengan memulangkan 238 WNI dari Provinsi Hubei, China, patut diapresiasi.

"Pemerintah juga sudah mempersiapkan dengan baik sesuai dengan standar WHO protokol observasi di pangkalan militer milik TNI di Natuna yang menjadi tempat karantina," kata Charles dalam keterangannya, Minggu (2/2/2020).

Dia menuturkan, keputusan pemerintah untuk membatasi kunjungan warga negara China, baik dengan pencabutan sementara bebas visa kunjungan maupun larangan penerbangan dari dan ke negara tersebut, sudah tepat.

"Hal ini menunjukkan bahwa keselamatan warga negara adalah prioritas utama bagi pemerintah RI," jelas Charles.

Politisi PDIP ini juga memberikan apresiasi yang tinggi juga kepada 42 anggota tim evakuasi yang berangkat ke China dan KBRI Beijing yang sudah berjibaku dalam pemulangan WNI.

"Kerja sama lintas kementerian dan pihak lainnya dalam menghadapi wabah Corona ini bisa menjadi contoh kesatupaduan dan gotong royong anak bangsa dalam menghadapi masalah ke depannya," ungkap Charles.

 

2 dari 2 halaman

Tawarkan Bantuan ke China

Menurut dia, sebagai negara sahabat, pemerintah Indonesia juga dapat menawarkan berbagai macam bantuan ke China sebagai bentuk solidaritas dan simpati terhadap musibah yang sedang dialami rakyatnya.

"Harapan kami tentunya situasi di China bisa segera membaik dan wabah Virus Corona bisa segera teratasi," pungkasnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Doni Monardo: Pembatasan Sosial Skala Besar Jadi Babak Baru Lawan Corona
Artikel Selanjutnya
Sandiaga Ajak Masyarakat Donor Bantu PMI Tingkatkan Stok Darah