Sukses

BMKG: Kepulauan Mentawai dan Empat Lawang Sumsel Diguncang Gempa Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Ada dua gempa yang mengguncang wilayah Indonesia hari ini, Jumat (31/1/2020). Hingga pukul 21.00 WIB, lindu pertama terjadi di Kelurahan Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 di Tuapejat terjadi Jumat dini hari, pukul 04:53:05 WIB. 

Sore harinya, giliran Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan yang digoyang lindu. Belum ada informasi terkait potensi tsunami dan kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan.

Namun, gempa dirasakan hingga Kabupaten Kepahiang, Lubuklinggau, Curup, dan Bengkulu. Lindu terjadi pada pukul 18:55:58 WIB. 

Berikut informasi selengkapnya yang dilansir dari laman resmi BMKG: 

2 dari 4 halaman

Gempa Tuapejat Kepulauan Mentawai

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Tuapejat, Sumbar, pukul 04:53:05 WIB. 

Lindu dilaporkan berada pada kedalaman 10 kilometer, tepatnya di 39 km timur laut Tuapejat, Sumbar. 

Sementara, koordinat titik gempa, menurut catatan BMKG terletak pada -1,96 Lintang Selatan (LS) dan 99,94 Bujur Timur (BT). 

3 dari 4 halaman

Gempa Kabupaten Empat Lawang

Sementara, gempa magnitud0 4,3 di Kabupaten Empat Lawang terjadi pukul 18:55:58 WIB. Lindu berpusat di darat atau sekitar 2 km barat laut Empat Lawang.

Dilansir dari laman resminya, BMKG menyebut lindu berada pada kedalaman 2 kilometer. Getarannya bahkan terasa hingga skala III MMI atau Modified Mercalli Intensity di empat wilayah. 

Ada pun koordinat titik gempa terletak pada 3,61 LS dan 102,84 BT. 

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading