Sukses

Yenny Wahid: Perayaan Imlek, Kedepankan Rasa Persatuan

Liputan6.com, Jakarta - Putri Presiden Keempat RI Abudurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid meminta masyarakat mengedepankan persatuan saat perayaan tahun baru Imlek. 

"Jadi dengan adanya perayaan Imlek, saya berharap bahwa kita semua makin mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, kita saling hormati satu sama lain," kata Yenny di Kantor Kemenko Polhukam, di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Yenny Wahid mengatakan, harus saling menghormati ekspresi kebudayaan. Selain itu, kata dia, jangan saling menjelekkan.

"Yang paling penting adalah bahwa semua pihak merasa memiliki rumah besar yang namanya Indonesia," ucap Yenny.

Menurut Yenny, Indonesia memiliki beragam antara suku dan agama yang harus dihargai oleh semua elemen masyarakat. Oleh karena itu, ia ingin masyarakat bisa merasakan kenyamanan melakukan ibadah di negaranya sendiri.

"Semua perlu untuk memiliki rasa memiliki, untuk memastikan bahwa rumah ini bisa tetap utuh berdiri," pungkas Yenny Wahid.

2 dari 3 halaman

Acara Imlek DKI

Pemprov DKI menggandeng sejumlah komunitas dan masyarakat dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2571 untuk mengadakan acara. Mulai dari atraksi Barongsai hingga kuliner khas Pecinan.

"Kami ingin selalu menjaga dan merawat kesetaraan, kebersamaan dan persaudaraan bagi seluruh warga masyarakat Jakarta," kata Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual DKI Jakarta Hendra Hidayat di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Dia menjelaskan, untuk Kamis dan Jumat yaitu 23-24 Januari 2020, atraksi Barongsai disertai pertunjukan Gambang Kromong dan Tanjidor khas Betawi akan digelar pukul 17.00- 19.00 WIB. Lokasinya di depan Hotel Grand Hyatt atau dekat Bundaran HI dan Taman Dukuh Atas.

Selanjutnya pada Sabtu 25 Januari 2020 perayaan dalam rangka Imlek dilaksanakan di Thamrin 10. Lalu pertunjukan barongsai juga dapat disaksikan pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day, Minggu 26 Januari 2020.

Hendra mengatakan, saat perayaan Cap Go Meh, Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan acara di tiga titik 'Little Chinese Town' di Jakarta.

"Petak Sembilan Glodok, Jakarta Barat, lalu di Jatinegara, Jakarta Timur, dan Kampung Duri, Jakarta Barat," ucapnya.

 

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Yenny Wahid Dukung Erick Thohir Tutup Anak Usaha Garuda Indonesia
Artikel Selanjutnya
Yenny Wahid Tak Ingin Ada Diskriminasi Gender di Garuda Indonesia