Sukses

Catat Lokasi Wisata Murah di Jakarta saat Libur Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Musim libur Natal dan Tahun Baru sudah dimulai. Anak-anak sekolah juga sudah mulai libur. Begitu pula para pekerja yang mengambil cuti panjang.

Biasanya, saat libur Natal dan Tahun Baru, sebagian orang Jakarta yang memilih untuk pergi berlibur ke luar kota atau negeri. 

Tapi bagi Anda yang memilih tinggal di Ibu Kota saat libur, tak perlu khawatir. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan juga pusat hiburan loh.

Misalnya saja acara Monas Week dalam museum dan di kawasan Monas yang dimulai dari 24 Desember hingga pergantian tahun, 31 Desember 2019.

Tak hanya itu, PT Transportasi Jakarta juga menyiapkan rute GR 3-SMK57 gratis ke Kebun Binatang Ragunan dan rute integrasi TJ-MRT untuk mendukung liburan akhir tahun 2019 ini.

Lantas, apa sajakah lokasi wisata untuk dikunjungi selama libur Natal dan Tahun Baru di Jakarta? Berikut rangkuman Liputan6.com:

 

2 dari 5 halaman

Ragunan

Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi salah satu alternatif pilihan wisata bagi warga Ibu Kota. Memang selain murah, Ragunan bisa dijadikan orangtua untuk edukasi anak-anak mereka mengenai beragam fauna.

Untuk itu, PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta pun menyiapkan rute GR 3-SMK57 gratis ke Kebun Binatang Ragunan dan rute integrasi TJ-MRT untuk mendukung liburan akhir tahun 2019 ini.

Transjakarta memastikan, Metrotrans rute GR3 dari titik awal halte SMK 57 Warung Jati Barat menuju Taman Margasatwa Ragunan dan sebaliknya, dengan interval setiap 15 menit.

"Ragunan tempat favorit yang ramai dikunjungi saat liburan hari besar. Untuk itu kami siapkan rute khusus tidak berbayar agar dapat membantu layanan transportasi lebih mudah, terjangkau dan tidak menimbulkan kemacetan jalanan bagi warga lain yang hendak melintas jalanan di sekitar tempat rekreasi tersebut," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo dalam keterangan, Selasa (24/12/2019).

Layanan ini, disiapkan 3 unit shuttle Metrotrans yang mulai dioperasikan sejak hari ini, 24 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020.

Rute tersebut, menurut Nadia bertujuan untuk antisipasi kepadatan pengguna kendaraan pribadi yang menuju ke tempat wisata.

"Biasanya Ragunan pada musim liburan penuh dengan kendaraan pribadi sehingga kepadatan kendaraan menimbulkan kemacetan," kata dia.

Shuttle Transjakarta ini dioperasikan pada pukul 09.00- 17.00 WIB dan tidak berbayar.

Selain shuttle, Transjakarta juga tetap mengoperasikan rute pendukung yang menuju Ragunan antara lain 13D Puribeta-Ragunan, 4H Pulogadung - Ragunan, 6F Manggarai-Ragunan, dan 6R Ragunan-MRT Fatmawati.

"Untuk empat rute pendukung ini berbayar seperti biasa, mulai pukul 05.00 sampai dengan 22.00 WIB," ujar Nadia.

Bagi warga yang datang dari pusat kota yang ingin mengajak keluarga merasakan integrasi antarmoda seperti MRT, dapat meninggalkan kendaraan di areal parkir sekitaran Bundaran HI lalu menggunakan MRT hingga stasiun Fatmawati dan lanjut dengan Transjakarta rute 6R Ragunan-MRT Fatmawati.

 

3 dari 5 halaman

Monas

Selain Kebun Binatang Ragunan, Monumen Nasional atau Monas juga bisa menjadi pilihan bagi para warga Ibu Kota untuk berwisata.

Tak ada biaya masuk untuk masuk ke kawasan Monas. Hanya saja, jika Anda ingin naik ke puncak Monas, akan dikenakan biaya tambahan. 

Oleh karena itu juga, Transjakarta menyiapkan armadanya secara gratis di area Monas. PT Transjakarta menginformasikan, ada operasional bus listrik Tije (Transjakarta) di area Monas.

"Yuk, ajak sahabat dan kerabat untuk cobain bus listrik di Monas mulai tanggal 24 Desember 2019 sampai dengan 6 Januari 2020 gratis loh," kata Admin PT Transjakarta dalam postingan akun instagramnya.

Layanan bus listrik gratis keliling Monas ini bisa diakses pada pukul 10.00 sampai dengan 18.00 WIB.

 

4 dari 5 halaman

Monas Week

Pemerintah DKI Jakarta pun mengadakan acara Monas Week di dalam museum dan di kawasan Monas yang dimulai dari 24 Desember hingga pergantian tahun 31 Desember 2019.

Dilansir Antara, acara Monas Week Jakarta menyuguhkan atraksi video mapping di Tugu Monas pada malam hari. Atraksi ini bisa disaksikan pada 22-30 Desember 2019 dengan pertunjukan pertama dimulai pukul 19.00 WIB dan pertunjukan kedua pukul 20.00 WIB.

Khusus tanggal 31 Desember 2019 atau malam pergantian tahun, durasi waktu pertunjukan lebih panjang yakni pukul 19.00 WIB (show time pertama), 20.00 WIB (show time kedua), 21.30 WIB (show time ketiga), 22.30 WIB (show time keempat), dan 23.30 WIB (show time kelima).

Video mapping Monas menampilkan tayangan-tayangan dengan tema yang beragam menggunakan lampu laser yang disorotkan ke tugu.

Video yang ditampilkan antara lain bertema nasionalisme, nusantara, transportasi Jakarta, hingga Wonderfull Jakarta.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: