Sukses

Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV-Indosiar Gelar Operasi Katarak Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan penderita katarak antusias untuk menjalani operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (16/12/2019), operasi katarak gratis digelar Yayasan Pundi Amal dan Peduli Kasih atau YPPPK SCTV-Indosiar bekerja sama dengan TNI AL Armada II Surabaya, sekaligus dalam rangka Hari Armada II dengan semangat membantu masyarakat kurang mampu.

Satu persatu pasien penderita katarak menjalani tahapan sebelum dioperasi. Setelah dinyatakan siap, mereka kemudian langsung menjalani operasi yang ditangani tim dokter.

"Sangat membantu lah seperti saya ini yang enggak punya dana untuk operasi, senang sekali. Ini saya sakit sudah sekitar setengah tahunan," ucap penerima bantuan operasi katarak gratis Iwan Subianto.

"Targetnya kali ini kami mengerjakan kurang lebih 50 mata, sehingga diharapkan ke depan bisa bersambung, bisa dilanjutkan lebih banyak lagi seperti operasi bibir sumbing dan sebagainya," ujar Aspotmar Pangkoarmada II Kolonel (P) Eka Prabawa.

Pihak rumah sakit dan pemerintah daerah pun sangat mendukung kegiatan yang digelar hingga Kamis, 19 Desember 2019 mendatang.

"Dengan bakti sosial ini kami bisa membantu masyarakat yang memang ada menderita katarak dapat dilakukan operasi dengan gratis," kata Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Jombang Ulfa Anatul Iza.

Sementara, banjir bandang yang melanda Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, lima hari lalu, mengundang keprihatinan berbagai pihak termasuk YPP SCTV-Indosiar.

Tim YPP dan Emtek pun menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang di Desa Bolalapu yang merupakan titik paling parah dihantam banjir.

Distribusi bantuan berupa makanan, pakaian, dan peralatan tidur, melibatkan anggota Batalyon 711 Raksatama, Tim YPP dan PSMTI Sulawesi Tengah.

Tim penyalur bantuan harus melintasi medan berat untuk menjangkau lokasi yang berjarak tempuh dua jam dari Kota Palu.