Sukses

Komisi III Dorong Presiden Tuntaskan Pemilihan Dewan Pengawas KPK

Terkait kualitas dan profil Dewan Pengawas KPK, Taufik meyakini Presiden Jokowi bakal memilih orang-orang yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR Taufik Basari mendorong Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera menuntaskan proses pemilihan Dewan Pengawas KPK.

"Kita berharap Presiden akan segera menuntaskan proses pemilihan Dewan Pengawas," ungkap Taufik saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dengan demikian, lanjut dia, Dewan Pengawas dapat mulai bekerja bersamaan dengan pelantikan pimpinan komisi antirasuah yang baru.

"Agar ketika nanti pelantikan pimpinan KPK yang baru, sudah juga bisa dilakukan bersamaan dengan Dewan Pengawas sebagai pelaksana dari undang-undang," terang dia.

Terkait kualitas dan profil Dewan Pengawas KPK, Taufik meyakini Presiden Jokowi bakal memilih orang-orang yang tepat.

"Memang undang-undang memberikan kewenangan penuh bagi Presiden untuk mengangkat Dewan Pengawas, tidak butuh satu konsultasi apa pun secara formal kepada pihak lain," tegas dia.

"Tapi tentu Presiden bersama jajarannya pun juga saya yakini telah melakukan konsultasi secara informal juga dengan beberapa pihak terkait untuk memastikan rekam jejak anggota dewan pengawas ini bersih dan berintegritas sehingga ketika mereka bekerja nantinya dapat kepercayaan dari publik juga," imbuhnya.

Politisi Nasdem ini menambahkan, pihaknya tentu mengharapkan agar kinerja KPK dapat meningkat seiring dengan hadirnya pimpinan baru dan implementasi dari undang-undang KPK.

"Terkait dengan keraguan masyarakat terhadap undang-undang KPK atau juga pimpinan KPK, saya cukup optimis bahwa waktu akan cukup menjawabnya. Apakah kekhawatiran bahwa memang KPK dilemahkan atau tidak, nanti akan kita lihat apakah ketika nanti undang-undang KPK ini dilaksanakan akan membuat KPK tidak bisa bergerak, tidak bisa berbuat apa-apa atau tidak," ujar Taufik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencari Sosok Ideal

Diketahui, Jokowi mengatakan hingga saat ini tim internal yang dipimpin Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno belum memutuskan terkait dewan pengawas KPK. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan hingga kini pihaknya masih mencari masukan dari beberapa pihak.

"Jadi belum ada proses finalisasi. Masih, masukan-masukan yang sangat banyak," kata Jokowi di Istana Kepresidenan saat makan siang bersama wartawan, Senin (2/12/2019).

Dia mengatakan, saat ini sedang mencari sosok lima orang untuk posisi Dewan Pengawas yang memiliki rekam jejak yang baik. Mulai dari pengalaman dalam bidang hukum.

"Juga mungkin yang berkaitan dengan audit pemeriksaan untuk sebuah pengelolaan keuangan yang penting. Kemudian ya itu, ini masih proses berjalan. Kita masih, tanggal 20-an kan," ungkap Jokowi.

Sesuai dengan UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan UU KPK, Dewan Pengawas akan diisi oleh lima orang. Jika sudah terpilih, Dewan Pengawas akan dilantik Jokowi bersamaan dengan pelantikan pimpinan KPK 2019-2023 pada Desember 2019.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.