Sukses

Polri: Situasi Papua Kondusif Saat HUT OPM

Liputan6.com, Jakarta - Polri menyatakan, situasi di Papua, aman terkendali. Tidak ada laporan atau pun ditemukan perayaan ulang tahun kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) 1 Desember.

"Kemarin sudah mendengar evaluasi dari Kapolda Papua, situasinya kondusif karena ada beberapa (tindakan) preventif yang sudah kita lakukan bersama-sama dengan TNI ada di sana," ucap Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono di RS Polri, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Kegiatan preventif tersebut misalnya kegiatan kopi pagi yang dilakukan bersama masyarakat dan tokoh adat di Papua. Selain itu juga dilakukan bakti sosial.

"Banyak masyarakat yang membutuhkan kehadiran TNI-Polri apa itu dokter gigi dokter umun dan sebagainya. Jadi kita memberikan pelayanan di sana," terang Argo.

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengimbau agar warga Papua fokus melaksanakan ibadah Minggu pada 1 Desember 2019 mendatang.

Dengan demikian, diharapkan tidak ada kelompok massa yang akan turun ke jalan untuk merayakan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember.

"Tanggal 1 Desember itu bertepatan dengan hari Minggu, di mana pada hari Minggu itu ada kegiatan rutin kaum Nasrani di Papua melaksanakan ibadah. Pemerintah Daerah terus menggelorakan semangat ibadah ini sehingga tanggal 1 Desember itu semuanya fokus untuk ibadah rutin Minggu," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 29 November 2019.

2 dari 3 halaman

34 Warga Ditangkap

Kepolisian Resor Jayapura menangkap 34 warga yang diduga akan melakukan kegiatan terkait HUT OPM, Minggu (1/12/2019). Kapolres Jayapura AKBP Viktor Mackbon mengatakan, 34 orang itu diamankan pada Sabtu malam sekitar pukul 22.00 WIT.

"Memang ada yang diamankan dan saat ini masih diperiksa penyidik di Mapolres Jayapura di Sentani," ujar Viktor.

Ketika ditanya tentang apa ada yang ditahan, Kapolres mengaku belum mengetahui dengan pasti.

"Belum ada laporan tentang perkembangan pemeriksaan terhadap 34 orang itu," kata Viktor seperti dikutip Antara.

Data yang dihimpun terungkap, 34 orang itu adalah anggota dan simpatisan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang akan melakukan kegiatan dalam rangka HUT OPM 1 Desember.

Saat diamankan terdapat sejumlah barang bukti berupa seragam dan lambang KNPB, katapel, badik, sangkur dan parang.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw mengatakan, situasi keamanan di Papua saat ini kondusif, aman dan terkendali.

Tidak ada aktivitas yang menonjol yang terjadi hingga pukul 10.00 WIT, kata Irjen Pol Waterpauw pada Minggu pagi di Jayapura.

Diakui dia, pihaknya tidak mengizinkan berbagai bentuk kegiatan masyarakat yang dikemas secara berkelompok-kelompok dalam rangka memperingati 1 Desember yang merupakan HUT OPM.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Pemprov Papua Kirim Bantuan 200 Ton Beras ke Papua Nugini
Artikel Selanjutnya
PLN Operasikan PLTMG Jayapura untuk Menunjang PON XX 2020