Sukses

Jokowi: Rencana Pemekaran Papua Masih Moratorium

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi menyatakan, pihaknya saat ini masih moratorium pembentukan provinsi baru di Papua. Tetapi tidak menutup kemungkinan adanya aspirasi dari beberapa pihak terkait hal tersebut.

"Sampai saat ini, urusan pemekaran itu masih moratorium. Tetapi kalau ada aspirasi-aspirasi dari bawah, misalnya di Provinsi Papua, baik itu dari Papua Selatan, Papua Tengah, di pegunungan tengah, saya kira silakan. Namanya aspirasi dari bawah," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakata pusat, Senin (2/12/2019).

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pun sudah mengumpulkan beberapa aspirasi terkait hal tersebut. Dan hal tersebut sudah disampaikan kepada Jokowi.

"Kemarin saya mendapatkan informasi dari mendagri, bahwa aspirasi-aspirasi itu sudah disampaikan ke Mendagri," ungkap Jokowi.

Namun kata dia beberapa usulan tersebut masih dikaji oleh pemerintah. Hal tersebut kata dia untuk kebaikan Bumi Cendrawasih.

"Tentu saja ada kajian-kajian, perhitungan-perhitungan yang dalam, dalam rangka untuk kebaikan bersama, untuk kebaikan Papua," jelas Jokowi.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi Minta Pengganggu di Natal dan Tahun Baru Ditindak, Ini Respons Polri
Artikel Selanjutnya
Komisi III DPR Berharap Dewan Pengawas KPK Tidak Diisi Politikus