Sukses

Temuan LSM soal Telur Terkontaminasi Dioksin Kadar Tinggi di Sidoarjo

Fokus, Sidoarjo - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) pemerhati lingkungan Ecoton membenarkan temuan hasil kajian telur ayam kampung mengandung dioksin kadar tinggi di kawasan pabrik tahu Tropodo dan Desa Bangun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (21/11/2019), hampir di seluruh kawasan tersebut mengunakan bahan bakar sampah plastik impor. Hal ini telah berlangsung bertahun-tahun lamanya.

Apa dampaknya? Dioksin akan meracuni rantai makanan. Di antaranya telur karena ayam kampung mengomsumsi makanan yang terkontaminasi zat dioksin. Sedangkan bagi manusia akan berdampak pada menurunnya organ reproduksi.

Temuan LSM Ecoton terkait racun dioksin akibat pembakaran sampah plastik saat memproduksi tahu disikapi pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pabrik tahu diharapkan tidak lagi menggunakan sampah plastik sebagai bahan bakar.

Pabrik tahu di kawasan Tropodo lebih suka menggunakan sampah plastik saat memproduksi tahu, karena biaya produksinya lebih murah dibandingkan kayu bakar atau bahan bakar lainnya.