Sukses

Potret Bahagia Jokowi dan Keluarga Sambut La Lembah Manah

Liputan6.com, Jakarta - Nama cucu ketiga Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana, tak lagi jadi teka-teki. La Lembah Manah, inilah nama adik Jan Ethes Srinarendra yang lahir di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo, Jumat, 15 November 2019.

Putri pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda lahir dengan berat 2,92 kilogram dan panjang 46,5 sentimeter lewat operasi caesar.

Lantas, apa arti nama La Lembah Manah bagi cucu ketiga Jokowi? Menurut Gibran, artinya rendah hati.

"Depannya ada La. La itu singkatan dari lembut anakku, luwes anakku, lomo anakku," jelas dia.

Berikut momen-momen bahagia keluarga besar Jokowi menyambut kehadiran cucu ketiga, La Lembah Manah:

2 dari 8 halaman

Senyum Semringah Jokowi Lihat Cucu Ketiganya

Jokowi tiba di RS PKU Muhammadiayah, Jumat, 15 November, sekitar pukul 20.10 WIB. Kehadiran mantan Wali Kota Solo itu disambut langsung Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Direktur Utama RS PKU Muhamadiyah Solo Mardiatmo.

Setelah itu, Jokowi langsung masuk berjalan ke rumah sakit melalui pintu belakang. Kepada awak media, Jokowi melambaikan tangan dan tersenyum semringah sebelum masuk ke dalam rumah sakit.

Jokowi pun mengungkapkan perasaan senang dan bangganya atas kelahiran cucu ketiganya tersebut.

"Dengan perasaan senang dan bangga, saya menyampaikan kelahiran cucu saya, cucu ketiga: La Lembah Manah pada hari Jumat, 15 November 2019 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Surakarta," tulis Jokowi dalam akun instagramnya, Sabtu (16/11/2019).

Dia berharap, kelak Le Lembah tumbuh anak yang baik, sehat dan berbakti.

Dalam foto yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi terlihat foto bersama dengan keluarga. Sambil menggendong Jan Ethes, Ia berdiri di samping cucu ketiganya, La Lembah Manah.

3 dari 8 halaman

Kebahagiaan Iriana, Meski Sempat Mengaku Tegang

Ibu Negara Iriana Jokowi, ikut mendampingi menantunya, Selvi Ananda selama proses persalinan. Selama mengikuti proses operasi, Iriana dan ibunda Selvi Ananda, Sri Partini mengaku tegang.

"Saya masih deg-degan. Tadi ibunya Selvi ikut tegang karena tadi menunggu operasinya," kata Iriana Jokowi saat konferensi pers di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhammadiyah Solo, Jumat, 15 November 2019.

Meskipun tegang, Iriana mengaku cukup lega dan gembira setelah semua proses operasi selesai. Pasalnya, cucu ketiga Presiden Jokowi itu lahir dengan selamat.

"Tapi tadi ketika sudah keluar (lahir), sudah plong," akunya.

Iriana awalnya datang ke rumah sakit pada Jumat pagi. Ia datang untuk mengantarkan Selvi Ananda masuk ke rumah sakit untuk persiapan persalinan.

 

4 dari 8 halaman

Sambutan Hangat Para Pedagang Solo

Kelahiran cucu Jokowi yang ketiga mendapat sambutan hangat dari berbagai kalangan. Mereka menyampaikan ucapan selamat kepada Gibran Rakabuming atas persalinan istrinya Selvi Ananda. Salah satunya para pedagang Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah.

"Terima Kasih kepada Para Pedagang Pasar Gede #KotaSolo sudah mendoakan dan syukuran atas kelahiran Putri kami La Lembah Manah," tulis Gibran, Sabtu, 16 November 2019.

Dalam foto yang diunggah Gibran itu, tampak sejumlah pedagang yang kebanyakan perempuan dan beberapa anak. Ada poster yang dibawa mereka dengan tulisan berbeda dengan huruf kapital.

"Selamat atas kelahiran putri Mas Gibran cucu presidenku Joko Widodo.""Tambah wajah tambah berkah", dan "Selamat datang Lembah Manah."

Di depan mereka terdapat beberapa sajian, mulai dari buah-buahan hingga tumpeng. Mereka tampak senang atas kelahiran anak kedua Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda.

5 dari 8 halaman

Berfoto Bersama Sang Putri

Luapan bahagia juga dirasakan Gibran Rakabuming Raka. Dia mengunggah foto saat memegang boks bayi sambil memandangi putrinya. Sejak Selvi melahirkan anak kedua, Gibran dan sang istri mendapat banyak ucapan selamat dari publik, termasuk di Instagram.

"Adiknya Jan Ethes diberi nama La Lembah Manah artinya dia yang rendah hati," tulis Gibran sebagai keterangan foto.

Ucapan selamat serta iringan doa pun disampaikan warganet ke akun pribadinya.

6 dari 8 halaman

Foto Perdana Keluarga Kecil Gibran

Selvi Ananda melahirkan bayi perempuan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo, pada pukul 15.46 WIB, Jumat, 15 November 2019.

Kelahiran adik Jan Ethes Srinarenda ini pun disaksikan Ibu Negara Iriana Jokowi dan ibunda Selvi.

Cucu ketiga Presiden Jokowi itu lahir dengan berat badan 2,92 kilogram dan panjang 46,5 sentimeter. Atas kelahiran anak keduanya tersebut, Gibran Rakabuming Raka pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses kelahiran bayi perempuannya.

"Saya berterima kasih kepada tim dari KPU dan juga didampingi oleh Pak Menteri Kesehatan. Terima kasih semua," ucap Gibran Rakabuming Raka.

Sebelumnya, banyak publik yang dibuat penasaran sosok mungil cucu ketiga Jokowi itu. Adalah fotografer Presiden Jokowi, Agus Suparto lah yang akhirnya menjawab rasa penasaran itu.

Terlihat, Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, Jan Ethes, dan La Lembah Manah yang berada dalam tempat tidur bayi. Tidak hanya itu, ada juga momen ketika Gibran Rakabuming Raka menyapa bayi cantik ini.

7 dari 8 halaman

Cerita Jan Ethes Saat Sang Adik Lahir

Tak terkecuali tingkah lucu dan menggemaskan cucu pertama Presiden Jokowi, Jan Ethes Srinarendra. Dia sangat gembira melihat adik perempuannya lahir.

Jokowi bahkan meminta Jan Ethes untuk bercerita tentang adiknya yang baru lahir.

"Adiknya sudah lahir," kata Jan Ethes dengan nada cadel.

8 dari 8 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sidharto, Wiranto hingga Agung Laksono Akan Jadi Wantimpres
Artikel Selanjutnya
Hasto PDIP Puji Paguyuban Batak Simbolon Ciptakan SDM Handal