Sukses

Hanya Dapat Satu Kursi Menteri, PPP Yakin Diberi Jabatan Lain

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tak masalah hanya mendapat jatah satu kursi menteri ketimbang Partai Gerindra yang mendapat dua kursi di Kabinet Indonesia Maju.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tak masalah hanya mendapat jatah satu kursi menteri ketimbang Partai Gerindra yang mendapat dua kursi di Kabinet Indonesia Maju. Padahal, Gerindra tidak berjuang memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. 

Menurut Sekjen PPP Arsul Sani, bagi-bagi jabatan tidak melulu soal posisi menteri.

"Kita enggak melihat bahwa seolah-olah power sharing yang diberikan kepada PPP hanya dikabinet saja, kita kan tidak tahu Pak Jokowi misalnya ada pikiran untuk katakanlah di beberapa kementerian ada posisi wamen (wakil menteri)," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Arsul yakin, Presiden Jokowi tidak lupa dengan perjuangan PPP yang turut memenangkannya. Menurutnya, kepala negara bisa memberikan jabatan strategis lain untuk kader partai ka'bah.

"Masa sih dia (Jokowi) enggak ingat PPP gitu lho, untuk nambahin gitu lho kan juga ada posisi-posisi jabatan publik yang lain," ucapnya.

"Seperti kepala badan atau jabatan lain yang selama ini juga banyak diisi dari parpol, masa Pak Jokowi dan Ma'ruf gak ingat PPP,  gak akan lupa lah, kita percaya itu," tambah Arsul.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hak Prerogatif Presiden

Meski begitu, dia berdalih bahwa formasi kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Arsul mengaku PPP tidak ada kontrak politik saat mengusung Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres. 

"Kalau Pak Jokowi menang PPP harus dapat sekian, jadi itu harus kita pahami ya. Itu konsekuensi dari pilihan politik yang tidak transaksional, tidak hitam diatas putih," tandasnya. 

Untuk diketahui, PPP hanya mendapat kursi Menteri Bappenas yang dijabat Suharso Monoarfa. Sedangkan, Gerindra mendapat Menteri Pertahanan yang dijabat Prabowo Subianto dan kursi Menteri Kelautan Perikanan yang diisi Edhy Prabowo. 

 

Sumber: Merdeka.com

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.