Sukses

Pesan Politikus PDIP TB Hasanuddin ke Adiknya yang Terpilih Jadi Jaksa Agung

Liputan6.com, Jakarta ST Burhanudin dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Jaksa Agung RI. Kakak kandung Burhanudin sekaligus Politikus PDIP, Tubagus Hasanuddin menceritakan sosok adiknya.

TB mengungkapkan, mulusnya jalan Burhanudin menjadi Jaksa Agung, murni dari kalangan profesional tanpa jalur partai politik apapun.

"Dia profesional, beda dengan saya. Kalau saya memang masuk ke partai, kalau dia mah enggak ikut-ikutan. Jadi dia mah bener bener sejak dari awal kuliah, selesai kuliah gitu. Kalau sama-sama di SMA saya ke akademi militer, dia sekolah hukum," kata TB Hasanuddin saat dihubungi wartawan, Rabu (23/10).

Dia menuturkan, adiknya pernah menjabat Kejari Bangko, Jambi, Kejari Cilacap, Aspidum Kejari Jambi, Kejati Maluku Utara, Kejati Sulawesi Selatan, hingga menjadi Jaksa Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

"Jadi tidak berpolitik," ucapnya.

TB menuturkan, adiknya sempat berbincang sebelum ditunjuk sebagai Jaksa Agung. Dirinya tidak melarang Burhanuddin menjabat Jaksa Agung dan berpesan supaya tidak korupsi.

"Pernah bicara lalu saya sampaikan ya kamu bagaimana menurut kamu saja. Dan penting jadilah kamu diri sendiri kalau selama ini kamu benar-benar memegang teguh aturan ya terus begitu," ucap TB.

"Dan saya pesan kalau memang dipercaya saya titip kamu taat pada aturan dan yang kedua jangan korup saya bilang. Dan itu dialog itu ketika kembali tadi malam setelah dipanggil hampir jam 10an ya," sambungnya.

TB masih sering bertemu dengan ST. Keduanya kerap kumpul bareng keluarga dan pulang kampung bersama. Mereka tidak ada rencana dalam waktu dekat untuk sowan ke Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, tapi akan ziarah ke makam sang ibu.

"Oh enggak ada rencana, tidak ada rencana kami rencananya mau sowan ke ibu saya di makam di kuburan," pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Semringah Tiba di Kejagung

Usai dilantik menjadi Jaksa Agung, Burhanuddin langsung menuju ke Kejaksaan Agung. Burhanuddin tiba di Kejaksaan Agung sekitar pukul 12.15 WIB dengan menumpangi mobil merk Toyota Crown Royal Saloom dengan nomor polisi RI 68.

Saat itu, ia masih menggunakan jas berwarna hitam, kemeja panjang putih dan dasi berwarna merah. Ketika turun dari mobil dinas kementerian, ia langsung disambut oleh Wakil Kejaksaan Agung Arminsyah dan sejumlah pejabat tinggi Kejaksaan Agung.

Ia pun langsung berjalan masuk ke Gedung Utama Kejaksaan Agung dengan wajah yang berseri-seri sambil dikawal sejumlah pejabat tinggi Kejaksaan Agung dan juga didampingi oleh Arminsyah yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Kejaksaan Agung.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Mukri mengatakan, kegiatan pertama yang akan dilakukan oleh Burhanuddin yakni berkenalan dengan para staf Kejaksaan Agung.

"Hari ini Jaksa Agung yang baru sudah tiba di kantor kejaksaan Agung untuk perkenalan dengan staf," kata Mukri dalam keterangannya, Rabu (23/10/2019).

Setelah itu, ia akan melakukan video conference dengan seluruh pejabat Kejaksaan Tinggi.

"Dilanjutkan dengan acara video conference dengan seluruh kajati, setelah acara itu silahkan bila ingin doorstop," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Jaksa Agung, Arminsyah mengaku, belum sempat menandatangani surat tugas dirinya menjadi Plt Jaksa Agung.

"Jadi enggak sempet saya teken (surat Plt Jaksa Agung). Tapi, Alhamdulillah sudah terpampang resmi saya pernah menjadi Plt Jaksa Agung," ujar Arminsyah saat sambutan.

 

Reporter: Nur Habibie, Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jaksa Agung Pelajari Gugatan OC Kaligis
Artikel Selanjutnya
ST Burhanuddin: Jaksa Kena OTT KPK Biarlah Sebagai Seleksi Alam