Sukses

Wakapolda Jamin Seluruh Ibu Kota Kabupaten di Papua Aman

Jacobus menegaskan, jajarannya akan terus memburu siapapun pelaku kerusuhan Wamena, Papua.

Liputan6.com, Timika - Wakapolda Papua, Brigjen Jacobus Marjuki menjamin situasi keamanan di hampir seluruh Ibu Kota Kabupaten di Papua kondusif.

"Kota-kota semua di Papua tidak ada masalah, semua terjamin keamanannya," kata Jacobus seperti dilansir dari Antara, Selasa (8/10/2019).

Namun Jacobus mengingatkan, adanya ancaman dari kelompok separatis bersenjata di beberapa daerah pedalaman. Misalnya Lanny Jaya, Nduga, dan Ugimba (Kabupaten Intan Jaya).

Jacobus menegaskan, jajarannya akan terus memburu siapapun pelaku kerusuhan Wamena, Papua. Mereka, kata dia, harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum.

"Siapapun pelaku kerusuhan akan dikejar. Semua masyarakat mendukung kita. Berilah kesempatan kepada kepolisian untuk memproses perusuh-perusuh itu, jangan sampai nila setitik lalu merusak susu sebelanga. Bagi yang merasa tidak bersalah, silakan menempuh jalur hukum," katanya.

Jacobus juga memastikan, para pelaku kerusuhan Jayapura, Papua beberapa waktu lalu bakal dibawa ke Kalimantan Timur untuk menjalani persidangan di daerah itu.

Pemindahan lokasi persidangan Buctar Tabuni dan rekan-rekannya itu ke Kalimantan Timur semata-mata demi menjaga keamanan di wilayah Jayapura dan sekitarnya agar terhindar dari kerusuhan massal sebagaimana terjadi pada 29 Agustus lalu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.