Sukses

Atraksi Bela Diri Militer hingga Drone di HUT TNI ke-74

Liputan6.com, Jakarta - Para prajurit TNI menggelar atraksi bela diri militer di hadapan Presiden Joko Widodo. Aksi memukau ini sebagai wujud pertahanan diri yang ditampilkan pada perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (6/10/2019), dalam rangkaian atraksi, drone atau pesawat nirawak juga mengudara melintas di tribun penonton. Pesawat nirawak tersebut mampu terbang dengan durasi 12 jam dalam radius 1.500 sampai 2.000 kilometer.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa pesawat nirawak CH4 menjadi salah satu alat utama sistem persenjataan terbaru yang dimiliki TNI. Drone canggih buatan China tersebut sebelumnya telah diuji coba dalam latihan gabungan TNI di Situbondo.

"Banyak pesawat CH4 dari pesawat yang telah dimiliki TNI, pesawat tersebut ketika latihan gabungan di Situbondo hasilnya sangat baik, hari ini kita tampilkan di depan Presiden bahwa kita sudah memiliki pesawat tanpa awak," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Di hadapan ribuan prajurit TNI di skuadron 45 Halim Perdana Kusuma, Presiden menyampaikan penghargaan khusus kepada prajurit TNI yang telah gugur dalam menjalankan tugas demi tegaknya NKRI. Pemerintah juga berkomitmen meningkatkan kesejahteraan serta fasilitas kerja bagi prajurit, termasuk menaikan tunjangan kinerja prajurit TNI menjadi 80 persen pada 2020.

"Cita-cita kita untuk menjadi salah satu kekuaran ekonomi terbesar di dunia harus didukung angkatan perang yang kuat, oleh karena itu belanja pertahanan kita arahkan menjadi investasi pertahanan," ucap Presiden RI Joko Widodo.

Hari jadi TNI ini juga diwarnai parade defile, terjun bebas sampai atraksi pesawat jupiter yang membuat penonton takjub. Ratusan warga memang sengaja datang untuk melihat langsung perayaan HUT TNI dengan atraksi-atraksi pesawatnya. Para orangtua juga membawa anaknya agar terhibur.