Sukses

Incar Kursi Ketua MPR, Fadel Muhammad Lobi Partai Koalisi Jokowi

Fadel mengincar kursi ketua MPR. Dia ditunjuk sebagai perwakilan DPD di kursi pimpinan MPR.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Fraksi DPD Fadel Muhammad mengaku telah melakukan lobi-lobi dengan fraksi partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo. Fadel telah menemui PDIP, Golkar, Nasdem, PKB, PPP.

Fadel mengincar kursi ketua MPR. Dia ditunjuk sebagai perwakilan DPD di kursi pimpinan MPR. Dia mendapatkan suara terbanyak dalam voting di rapat paripurna DPD.

"Kita sudah bicarakan dengan partai Golkar, kita bicara Golkar dan PDIP dan Nasdem kemudian kelompok PKB ini satu full," kata Fadel di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

Sementara, Fadel Muhammad baru akan melobi partai Gerindra siang ini. Dia mengaku sudah membuat janji dengan partai oposisi pemerintah itu.

"Yang di sana kelompok berikutnya Gerindra, udah janjian siang ini mau ketemu mereka untuk membicarakan bagaimana posisi yang ada," kata dia.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

DPD Pertimbangkan Calon Lain

Sementara, DPD mencalonkan Fadel Muhammad sebagai pimpinan sekaligus ketua MPR. Itu berdasarkan keputusan 136 anggota DPD.

DPD akan mendengar tawaran apa yang disampaikan oleh fraksi lain. Sekretaris Fraksi DPD Abraham Liyanto mengatakan, fraksi DPD sepakat untuk musyawarah mufakat.

"Kami semua 136 anggota menginginkan Pak Fadel sebagai ketua MPR. Karena itu kita masih dengar lagi, tadi ada dari unsur fraksi lain mengusulkan, nah bargainingnya apa? Kalau sepakat maka paripurna jam 7 malam nanti kita akan satu suara. Jadi musyawarah mufakat," ujar Abraham.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.