Sukses

Serba-Serbi Pelantikan DPR, dari Bertabur Artis hingga Janji Puan Maharani

Pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 diwarnai wajah-wajah baru dari kalangan selebritas Tanah Air yang berhasil melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 575 anggota DPR berikut DPD dan MPR periode 2019-2024 resmi dilantik dan diangkat sumpahnya oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Acara pelantikan bertempat di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 1 Oktober 2019.

Lewat akun Instagramnya, mantan Gubernur DKI Jakarta mengucapkan selamat kepada para anggota baru DPR/MPR/DPD RI yang terpilih.

"Selamat bekerja kepada para anggota MPR/DPR/DPD RI masa bakti tahun 2019-2024," kata Jokowi, Selasa kemarin.

Ada sejumlah hal menarik yang perlu diketahui dari sidang tersebut. Salah satunya diwarnai wajah-wajah baru dari kalangan selebritas Tanah Air yang berhasil melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR RI.

Selain itu, acara pelantikan juga diwarnai dengan ditunjuknya dua anggota DPR tertua dan termuda yang didapuk menjadi pimpinan sementara Sidang Paripurna. 

Terpilihnya sang cucu dari Proklamator Bung Karno, Puan Maharani sebagai Ketua DPR juga tak kalah menuai perhatian. Puan dilantik bersama empat wakilnya yakni Aziz Syamsuddin dari Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, Rahmat Gobel dari Partai Nasdem, dan Muhaimin Iskandar dari PKB.  

Berikut sederet fakta yang terjadi saat pelantikan anggota DPR periode 2019-2024 yang dihimpun Liputan6.com:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bertabur Artis

Kalangan selebritas Tanah Air berhasil lolos sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. Tercatat ada 14 artis yang kini mencoba menjadi penyambung lidah rakyat. 

Di antarannya ada beberapa wajah lama seperti Arzeti Bilbina, Eko Patrio, dan Dessy Ratnasari. Namun, ada juga pendatang baru, yaitu Mulan Jameela dari fraksi Partai Gerindra dan Krisdayanti dari PDIP dan Farhan dari Partai Nasdem. 

Saat menghadiri acara pelantikan, para artis yang melenggang ke Senayan tampil cantik dan gagah. 

Mulan datang menggunakan Baju Adat Bugis, Sulawesi Selatan karya Didiet Maulana. Tema baju yang digunakan bernuansa kekuningan.

"Ini kan semua pake baju nasional kan. Kebetulan pake baju bodo, karena konsepnya juga sesuai, ini kan bajunya gombrong-gombrong," kata Mulan.

Seakan tak mau kalah dengan Mulan Jamella, istri pengusaha Raul Lemos, Krisdayanti ini tampil anggun dalam balutan kebaya kutubaru merah rancangan dari desainer ternama, Anne Avantie.

Ada pun Farhan mengenakan setelan jas berwarna biru sesuai warna Partai Nasdem. Sedangkan Arzeti Bilbina tampil mengenakan kebaya brokat dan kain batik khas Betawi dengan sentuhan selendang berwarna hijau warna partai pengusungnya.

3 dari 5 halaman

2. Pimpinan Tertua dan Termuda Anggota DPR

Nama Hillary Brigitta Lasut melejit setelah didapuk menjadi pimpinan sementara Sidang Paripurna. Lahir di Manado, 23 Mei 1996, Brigitta yang masih tergolong muda tak asing lagi dengan dunia politik. 

Itu karena dia merupakan putri dari Bupati Kepulauan Talaud terpilih periode 2019-2024, Elly Engelbert Lasut.

Menjadi anggota DPR mengharuskan Brigitta menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Sebelum dilantik Hillary ingin dirinya ditempatkan di Komisi III dan akan fokus di RUU KUHP dan pengajuan Perppu UU KPK. Dirinya juga punya usulan undang-undang lain tentang hukum.

"Prioritas sekarang RUU KUHP kan, dan mungkin akan dibahas juga beberapa hal kemarin mengenai pengajuan Perppu KPK. Kalau aku sendiri secara pribadi kalau aku lihat belum ada UU yang spesifik mengatur cyber crime, ilegal fintech, identity test seperti yang di Amerika. Aku kepingin ajuin juga di Komisi III," ujarnya.

Bersama Brigitta, Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar juga mengumumkan nama Ketua DPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe dari Partai Demokrat Dapil Sumut 1 sebagai anggota DPR tertua.

4 dari 5 halaman

3. Janji Puan Maharani

Dipilihnya Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024 menjadikan putri dari Ketua Umum PDIP ini sebagai ketua DPR perempuan pertama di Indonesia.

"Yang pasti nantinya ini akan pecah telur, baru ada perempuan pertama setelah 74 tahun Ketua DPR," kata Puan usai pelantikan anggota DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Usai dilantik, Puan kemudian menyampaikan pidato politik pertamanya sebagai Ketua DPR RI di depan seluruh anggota dewan terpilih periode 2019-2024.  Salah satu yang menarik dari pidatonya, Puan berjanji akan melanjutkan pembahasan rancangan undang-undang (RUU) yang tertunda di periode sebelumnya sebagai prioritas. Dia menyebut, ada delapan RUU yang akan menjadi prioritas.

Kendati demikian, Ketua DPP PDIP itu tidak menyebut RUU apa saja yang dimaksud. Namun, menurut catatan DPR periode sebelumnya, delapan RUU tersebut adalah RUU KUHP, RUU Pertanahan, RUU Pemasyarakatan, RUU Perkoperasian, RUU Minerba, RUU Ketenagakerjaan, RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), dan RUU Pengawasan Obat dan Makanan.

"Sudah ada 8 undang-undang yang kemarin dalam periode lalu yang kemudian akan ditunda. Tentu saja itu akan jadi prioritas Prolegnas ke depan," ujar Puan.

Puan berkata, akan melihat dahulu mekanisme dan tata tertib untuk meneruskan pembahasan RUU yang tertunda. Dia akan melihat bagaimana pelaksanaan pembahasan RUU yang sempat tertunda pada periode sebelumnya.

"Saya akan melihat dahulu bagaimana hasil dari kemarin pelaksanaan UU yang kemudian ditunda itu apakah akan kita bahas dalam tata tertib yang seperti apa," ucap Puan Maharani.

Puan juga berjanji, bersama empat pimpinan lainnya yang baru dilantik akan memilah mana RUU yang menjadi prioritas.

5 dari 5 halaman

4. Bawa 3 Istri Saat Pelantikan

Lora Achmad Fadil Muzakki Syah atau akrab dipanggil Lora Fadil. Dia adalah politikus Partai Nasdem yang lolos menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 lewat daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur 3.

Pada pelantikan anggota DPR, Selasa kemarin, ada satu hal yang menjadi sorotan publik kepadanya, dia menghadiri pengukuhan bersama tiga istrinya.

Foto para istri Lora Fadil yang diketahui bernama Siti Aminah, Yeni Kurnia, dan Novita yang kompak mengenakan baju serba biru saat mendampingi suami kini viral. Menanggapi sorotan publik, Lora menyebut kehadiran tiga istrinya adalah kekompakan yang natural.

“Saya beristri 3 itu sah secara hukum agama dan hukum negara, jadi semua melalui KUA semua. Jadi sudah namanya kekompakan dan kerukunan sudah betul terjadi di situ, jadi natural saja semuanya,” kata Lora saat dikonfirmasi, Rabu (2/10/2019).

Ia mengaku sudah cukup lama berpoligami, yakni sejak delapan tahun lalu dan telah memiliki tujuh anak dari istri-istrinya itu.

“Sudah terjalin lama sekali sudah anak saya dengan istri ketiga saja usianya 6 tahun sudah. Istri pertama 3 anak, istri kedua 2, istrinya ketiga 2 juga,” ucap Lora Fadil.

 

(Reynaldi Hasan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.