Sukses

76 Mahasiswa yang Demonstrasi di DPR Dirawat di RSPP

Kepala Humas RSPP, Agus Susetyo menyampaikan, penanganan dilakukan sejak pukul 17.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Mahasiswa yang berdemonstrasi dan mengalami cedera dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan. Terdata ada 76 orang yang harus dirawat.

Kepala Humas RSPP, Agus Susetyo menyampaikan, penanganan dilakukan sejak pukul 17.00 WIB.

"Sampai jam 20.30 WIB, lebih dari 76 yang teridentifikasi dengan jelas namanya di papan pengumuman," tutur Agus di RSPP, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

Menurut Agus, tidak semua pasien terdata lantaran sebagian sudah keluar dari rumah sakit.

"Alhamdulillah tidak ada yang statusnya hitam. Hijau 61 pasien, kuning 14 pasien, merah 1 pasien. Hijau itu pasien datang, sadar, bisa ditangani dan bisa mandiri. Kalau kuning perlu diobservasi dan tindakan segera, tapi pasien stabil. Merah penanganannya harus cepat, karena kalau tidak cepat akan berakibat fatal ke pasien," jelas dia.

Sejauh ini, cedera terberat yang dialami mahasiswa di antaranya luka di kepala dan mata. Selebihnya karena faktor kelelahan dan pingsan.

"Beberapa pasien, ada 1 pasien yang luka bagian mata. Luka di kepala, muka, tangan, perlu dijahit, ada 6 pasien. Kemudian terindikasi patah tulang ada 6 orang," kata Agus.

Kemudian, kata dia, mahasiswa yang harus dirawat inap kemungkinan ada dua.

"Kita observasi di emergency dulu. Dua itu karena ada benturan di kepala dan jatuh, tulang belakangnya terkena ke bawah," Agus menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.