Sukses

BJ Habibie, Mantan Presiden RI yang Pertama Dimakamkan di TMP Kalibata

Mantan Presiden RI lainnya yang sudah meninggal dunia dimakamkan di tempat kelahiran maupun di lokasi pilihan keluarga masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie merupakan mantan presiden RI yang pertama kali dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno memastikan almarhum akan dimakamkan di TMP Kalibata.

"Kami juga sudah koordinasi dengan garnisun, sudah disiapkan slot tempat pemakaman di sebelahnya almarhumah Ibu Ainun Habibie, jadi seingat saya di slot 120 dan 121 (TMP Kalibata)," kata Pratikno dalam jumpa pers di gedung utama Kementerian Sekretaris Negara, Rabu (11/9/2019) malam.

BJ Habibie akhirnya memang dimakamkan di kavling slot 120, tepat di sebelah slot makam Ibu Negara Ainun Habibie pada Kamis (12/9/2019) siang. Upacara pemakaman dipimpin langsung Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai inspektur upacara.

Berbeda halnya dengan pemakaman Presiden RI sebelumnya, yakni almarhum Soekarno, Soeharto dan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang tidak dimakamkan di TMP Kalibata, melainkan di tempat kelahiran maupun di lokasi pilihan keluarga masing-masing.

Presiden pertama RI Sukarno yang meninggal pada 21 Juni 1970 dimakamkan di sebuah kawasan di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan, Blitar, Jawa Timur.

Kemudian Presiden ke-2 RI Soeharto dimakamkan di Astana Giribangun, tepatnya di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, Solo, Jawa Tengah. Soeharto yang tutup usia pada 27 Januari 2008 dimakamkan bersama almarhumah istrinya Siti Hartinah atau Tien Soeharto serta kedua orangtua Tien.

Hampir dua tahun setelahnya, Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang meninggal dunia pada tanggal 30 Desember 2009, dikebumikan di kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangsa Indonesia Berkabung

BJ Habibie yang lahir di Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 wafat pada Rabu (11/9/2019) sore pukul 18.05 WIB akibat masalah pada jantungnya.

Sebanyak 44 tim dokter dipimpin oleh tim dokter kepresidenan sudah bekerja merawat BJ Habibie sejak Presiden ketiga RI tersebut dirawat di RSPAD Gatot Soebroto pada 1 September 2019.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya BJ Habibie. Dia mengatakan, seluruh rakyat Indonesia berkabung atas wafatnya almarhum.

"Beliau adalah seorang negarawan sejati, inspirator, ilmuwan yang meyakini bahwa tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Ilmu, iman, dan taqwa harus bersatu. Dia adalah suri tauladan anak bangsa. Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya," ujar Jokowi saat melepas jenazah almarhum di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis siang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.