Sukses

Rudiantara: 4 Wilayah Papua dan Papua Barat Belum Dibuka Akses Internet

Belum dibukanya akses internet di enam wilayah tersebut lantaran situasi dan kondisi keamanan belum sepenuhnya kondusif.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Infomartika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, pembatasan jaringan internet di Papua dan Papua Barat masih dilakukan. Terdapat 4 kabupaten dan kota yang belum dipulihkan.

"Kalau nggak salah tinggal 4 kabupaten kota, Jayapura kota sama kabupaten, terus Manokwari sama Sorong. Yang masih dibatasi, yang lain sudah tidak dibatasi," kata Rudiantara di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Dia menilai, beberapa daerah di kedua provinsi itu sudah cukup kondusif dari sisi keamanan, sehingga beberapa wilayah itu sudah dibuka aksesnya.

"Ya kalau saya bisa simpulkan begitu, kalau enggak bagaimana teman-teman pihak keamanan yang lain maupun intelijen memberikan informasi merekomendasikan pengurangan dari kabupaten yang dibatasin," ungkap Rudiantara.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah membuka kembali akses internet di Papua dan Papua Barat, beberapa hari lalu. Namun, masih ada enam wilayah di Papua yang akses internetnya masih belum dipulihkan.

Berdasarkan keterangan resminya, Selasa (10/9/2019), belum dibukanya akses internet di enam wilayah tersebut lantaran situasi dan kondisi keamanan belum sepenuhnya kondusif.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Koordinasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah membuka akses internet di Papua dan Papua Barat per Rabu, 4 September 2019. Pembukaan akses internet di Papua dan Papua Barat dilakukan setelah berkoodinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan belum dapat memastikan sampai kapan internet di Papua dan Papua Barat normal 100 persen.

"Ya belum tahu karena yang memutuskan bukan saya saja, ada koordinasi. Kami juga terus memantau dan berkoordinasi juga dengan teman-teman di lapangan. Yang memutuskan kondusivitasnya bukan saya," kata Rudiantara.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.