Sukses

Rudiantara: 4 Wilayah Papua dan Papua Barat Belum Dibuka Akses Internet

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Infomartika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, pembatasan jaringan internet di Papua dan Papua Barat masih dilakukan. Terdapat 4 kabupaten dan kota yang belum dipulihkan.

"Kalau nggak salah tinggal 4 kabupaten kota, Jayapura kota sama kabupaten, terus Manokwari sama Sorong. Yang masih dibatasi, yang lain sudah tidak dibatasi," kata Rudiantara di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

Dia menilai, beberapa daerah di kedua provinsi itu sudah cukup kondusif dari sisi keamanan, sehingga beberapa wilayah itu sudah dibuka aksesnya.

"Ya kalau saya bisa simpulkan begitu, kalau enggak bagaimana teman-teman pihak keamanan yang lain maupun intelijen memberikan informasi merekomendasikan pengurangan dari kabupaten yang dibatasin," ungkap Rudiantara.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah membuka kembali akses internet di Papua dan Papua Barat, beberapa hari lalu. Namun, masih ada enam wilayah di Papua yang akses internetnya masih belum dipulihkan.

Berdasarkan keterangan resminya, Selasa (10/9/2019), belum dibukanya akses internet di enam wilayah tersebut lantaran situasi dan kondisi keamanan belum sepenuhnya kondusif.

 

2 dari 3 halaman

Hasil Koordinasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah membuka akses internet di Papua dan Papua Barat per Rabu, 4 September 2019. Pembukaan akses internet di Papua dan Papua Barat dilakukan setelah berkoodinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan belum dapat memastikan sampai kapan internet di Papua dan Papua Barat normal 100 persen.

"Ya belum tahu karena yang memutuskan bukan saya saja, ada koordinasi. Kami juga terus memantau dan berkoordinasi juga dengan teman-teman di lapangan. Yang memutuskan kondusivitasnya bukan saya," kata Rudiantara.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Kaimana, Papua Barat
Artikel Selanjutnya
Top 3: Debu Asteroid Penyebab Zaman Es di Bumi Jadi Sorotan