Sukses

Ini yang Dibahas saat Jokowi Temui 61 Tokoh Papua di Istana Negara

Fokus, Jakarta - 61 tokoh Papua dan Papua Barat yang terdiri dari pejabat daerah, tokoh adat, tokoh agama, dan mahasiswa bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Selasa, 10 September 2019.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (11/9/2019), dalam pertemuan tersebut Jokowi didampimgi oleh Menko Polhukam Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Badan Intelijen Negara atau BIN Budi Gunawan.

Pertemuan ini merupakan lanjutan dari pernyataan Jokowi sebelumnya yang akan mengundang para tokoh Papua dan Papua Barat usai gejolak yang terjadi di Bumi Cenderawasih beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan tersebut para tokoh Papua dan Papua Barat menyampaikan sejumlah permintaan kepada pemerintah pusat.

Di antaranya pemekaran lima wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat, pembentukan Badan Nasional Urusan Tanah Papua, penempatan pejabat eselon 1 dan 2 di kementerian, pembangunan asrama nusantara di seluruh kota studi dan menjamin keamanan mahasiswa Papua serta membangun istana presiden di Papua.

Presiden berjanji akan memenuhi permintaan para tokoh Papua dan Papua Barat. Bahkan, untuk pembangunan istana di ibu kota Provinsi Jayapura akan dilakukan tahun depan.

"Mengenai Istana Presiden, ini yang sulit itu kan tanahnya, ini tanahnya tadi sudah disediakan 10 hektare, benar? Jadi mulai tahun depan Istananya akan dibangun," ujar Presiden RI Joko Widodo.

Usai pertemuan, para tokoh Papua dan Papua Barat mengaku puas dengan sikap Presiden Jokowi yang langsung merespon permintaan mereka.

Para tokoh Papua dan Papua Barat berjanji akan meneceritakan hasil pertemuannya dengan Presiden kepada warga Papua.