Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Catat, Gerhana Matahari Cincin Terlihat di Indonesia pada 26 Desember 2019

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana matahari cincin akan mampir ke Indonesia pada 26 Desember 2019. Namun, fenomena ini tidak akan terlihat di semua wilayah.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut, Siak, Riau merupakan tempat paling ideal untuk menyaksikan gerhana matahari cincin.

Fenomena ini iprediksikan dimulai pukul 12.15 WIB, memasuki fase puncak pada pukul 12.17 WIB, dan berakhir pada pukul 12.19 WIB. Secara rentang waktu, gerhana matahari cincinhanya terjadi kurang lebih empat menit.

"Masyarakat harus diberi edukasi karena tidak semua bagian di Indonesia mengalami fenomena ini, karenanya ini bisa menjadi potensi destinasi wisata yang bisa mengedukasi," kata Sestama LAPAN Erna Sri Adiningsih di Kantor LAPAN, Jakarta Timur, Selasa (10/9/2019).

Erna berharap, dengan persiapan dini yang matang, fenomena gerhana matahari cincintidak hanya menarik wisatawan nasional tapi juga internasional.

 

 

2 dari 3 halaman

Juga Tarik Perhatian Astronom

Dia meyakini, banyak warga dari belahan dunia lain yang ingin menyaksikan gerhana matahari cincin. Tak hanya itu, fenomena ini dapat menjadi daya tarik bagi astronom, ilmuan bidang sains antariksa untuk melakukan pengamatan dan pengukuran seperti apa pengaruh gerhana matahari cincin ke bumi.

"Jadi harapan kami tidak hanya jadi event gerhana matahari cincin tapi juga teknologi keantariksaan," jelas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Catat Waktunya, Gerhana Matahari Cincin Bakal Hadir di Singkawang
Artikel Selanjutnya
Gerhana Matahari Cincin Bakal Hampiri Indonesia Pada 26 Desember 2019