Sukses

Wiranto Minta Gubernur-Gubernur Patungan Bangun Asrama Nusantara

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo agar merekomendasikan para kepala daerah bekerja sama membangun asrama mahasiswa nusantara di setiap wilayah.

Hal itu menyikapi konflik di Papua dan Papua Barat belum lama ini akibat kasus rasisme yang dialami mahasiswa asal bumi Cenderawasih itu di Malang dan Surabaya, Jawa Timur. Diharapkan asrama nusantara itu dapat mempererat persaudaraan bangsa Indonesia.

"Maka kita merekomendasi kepada Mendagri untuk merekomendasikan pada Gubernur ke depan nanti para Gubernur patungan saja," kata Wiranto di Kantornya, Jalan Merdeka Barat, Senin 9 September 2019.

"Tiga provinsi patungan, kalau tadinya di satu provinsi ada asrama Papua, asrama Kalimantan Barat, maka tiga Gubernur bersatu membiayai bersama-sama ada asrama nusantara 1, 2, 3 jadi anak-anak tercampur di situ," lanjut Wiranto.

Dia mencontohkan Gubernur Kalimatan Barat, Papua dan wilayah lain urunan membangun satu asrama. Dengan adanya asrama yang menampung mahasiswa dari seluruh penjuru negeri, menurut dia, tidak ada pihak merasa dibedakan.

"Tak ada kemudian ekslusif, ini anak Papua, ini anak Sumbar sendiri. Ini yang tidak benar. Mudah-mudahan ini yang bisa kita lakukan ke depan," kata Wiranto.

 

Reporter: Intan Umbari

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Maurits Kafiar, Titik Balik Si Pemburu Burung Papua
Artikel Selanjutnya
Kapolda Papua: KKB Juga Menganiaya Warga Saat Kontak Senjata dengan TNI/Polri