Kala Pencari Suaka di Kalideres Menolak Dipindahkan

Kala Pencari Suaka di Kalideres Menolak Dipindahkan

Menolak dipindahkan, seorang pencari suaka asal Afganistan terus berteriak kepada petugas dari Badan PBB (UNHCR). Dia protes karena tak mau dievakuasi dari lokasi pengungsian di Jalan Bedugul, Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu pagi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (1/9/2019), sang pencari suaka itu pun akhirnya pingsan dan harus dibopong petugas.

Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri Kemenkopolhukam yang mengawal proses pemindahan ini menyatakan, dari 1.192 pencari suaka yang berada di lokasi penampungan, sudah ratusan orang yang dipindahkan.

"Kita mendorong UNHCR unutk melakukan tugas dan tanggung jawab mereka. Sudah beberapa orang sudah dipindahkan. Saya juga meminta pengertian Pemprov DKI untuk fleksibel mengingat upaya pengosongan sedang dilakukan oleh UNHCR," kata Ketua Harian Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri Kemenkopolhukam Chaerul Anwar.

Hari Sabtu kemarin adalah hari terakhir bagi para pencari suaka asal Afganistan, Sudan, Iran, Irak, dan Somalia, untuk menempati gedung kosong milik Pemprov DKI.

Selanjutnya, mereka akan ditempatkan di sejumlah titik pengungsian lain, yaitu di wilayah Tebet, Jakarta Selatan, dan Cisarua Bogor, Jawa Barat. (Rio Audhitama Sihombing)

Ringkasan

Oleh Rio Audhitama Sihombing pada 01 September 2019, 07:21 WIB

Video Terkait

Spotlights