Sukses

Diberi Hadiah Masjid, Ini Keakraban Jokowi dan Pangeran Abu Dhabi

Jokowi juga diajak semobil oleh Mohamed. Bahkan, putra penguasa Abu Dhabi itu yang menyupiri Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapat hadiah berupa masjid dari Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan. Masjid tersebut rencananya akan dibangun di kampung halaman Jokowi di Solo, Jawa Tengah.

Lewat akun instagramnya, Jokowi pun menceritakan kedekatannya dengan Mohamed. Kedekatan keduanya bermula pada 2015 lalu, saat Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

"Saya dijemput Putra Mahkota Sheikh Mohamed bin Zayed di tangga pesawat," tulis Jokowi di akun instagram pribadi-nya @jokowi, Rabu (21/8/2019).

Tak hanya itu, Jokowi juga diajak semobil oleh Mohamed. Bahkan, putra penguasa Abu Dhabi itu yang menyupiri Jokowi.

"Begitu turun saya diajak naik mobil Beliau. Sheikh Mohamed sendiri yang duduk di balik kemudi. Tak banyak aturan protokol, begitu cepat dan sederhana," ucap Jokowi.

"Sheikh Mohamed sempat bertanya: 'Presiden Jokowi izin dulu ke protokol?' Ah, saya enggak usah izin, saya langsung naik saja. Kalau saya ngomong pasti enggak boleh demi keamanan," lanjut Jokowi.

Mobil yang dikendarai Mohamed itu pun melaju. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kaget saat mengetahui bahwa kecepatan mobil itu 190-200 kilometer per jam. Padahal, dia merasa mobil tersebut sama sekali tak terasa melaju kencang.

"Duh, kencang sekali mobilnya, ternyata. Saya lirik-lirik, cari-cari ini merek mobilnya, tidak ketemu. Dan saya tidak bertanya ke Sheikh Mohamed. Malu," tutur Jokowi.

Hal serupa juga dilakukan Jokowi saat Mohamed melakukan lawatan ke Indonesia pada Juli 2019. Mantan Wali Kota Solo itu menjemput sang tamu ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Jokowi pun mengajak Mohamed untuk semobil bersama menuju Istana Kepresidenan Bogor serta mengajaknya melihat Bundaran Hotel Indonesia. Padahal, biasanya Jokowi menyambut tamu negara di Istana Bogor.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Ditanggung UEA

Hubungan persahabatan itu berlanjut dan Mohamed menghadiahkan sebuah masjid kepada Jokowi. Pihak Istana telah meninjau langsung lahan yang akan dibangun masjid tersebut.

"Iya, saya sudah meninjau lokasi masjid di Solo, bersama Menteri Energi UEA (Suhail Al Mazrroui) dan Dubes UEA untuk Indonesia (Mohammed Abdulla Al Ghfeli)," ujar Tenaga Ahli Madya Kedeputiaan V Kantor Staf Presiden, Munajat saat dihubungi, Rabu (21/8/2019).

Munajat mengatakan, anggaran dan desain masjid akan ditanggung oleh pemerintah UEA. Menurut dia, desain masjid nantinya akan menggambarkan persahabatan Indonesia-UEA.

"Pokoknya desainnya menggambarkan persahabatan antara UEA dan Indonesia. Nanti desainnya bisa di nama, bisa di bentuk, di arsitek bisa, di ornamen," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.