Sukses

Wiranto Minta Masyarakat Tak Terpancing Hoaks Terkait Kerusuhan Papua

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengimbau seluruh masyarakat tidak terprovokasi hoaks dan isu-isu negatif terkait kerusuhan di Papua dan Papua Barat. 

"Saya mengimbau agar tidak terpancing dan terpengaruh berita-berita negatif dari pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merusak persatuan, kedamaian, dan kebersamaan kita sebagai bangsa yang bermartabat," ujar Wiranto di kantornya, Jakarta, Senin (19/8/2019).

"Berita hoaks bohong dan berita yang intervensi masalah ini untuk kepentingan lain, saya imbau untuk tak terpancing dan percaya dengan itu," sambungnya.

Mantan Panglima ABRI itu menegaskan, pemerintah memberikan jaminan sepenuhnya terkait pemeliharaan stabilitas keamanan di seluruh wilayah Indonesia. 

"Dan kepada aparat keamanan baik TNI dan Polri untuk senantiasa melaksanakan tindakan persuasif dan terukur terhadap masyarakat," kata Wiranto.

2 dari 3 halaman

Berharap Segera Berakhir

Dalam kesempatan ini, Wiranto berjanji pemerintah akan mengusut tuntas kerusuhan yang terjadi di beberapa tempat di Papua dan Papua Barat. Tak terkecuali terhadap pemicu kerusuhan tersebut.

"Telah diinstruksikan untuk melakukan pengusutan secara tuntas dan adil bagi siapapun yang dianggap melakukan pelanggaran hukum dalam peristiwa ini," ucapnya.

Wiranto berharap kasus tersebut cepat berakhir. "Semoga bisa cepat diselesaikan agar tetap fokus pada pembangunan nasional yang saat ini sedang digalakkan Presiden Joko Widodo," ujarnya memungkasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Polri: Kerusuhan di Wamena Papua Dipicu Hoaks Rasisme
Artikel Selanjutnya
Polri dan TNI Masih Berusaha Kendalikan Kerusuhan di Wamena Papua