Sukses

Wiranto Minta Masyarakat Tak Terpancing Hoaks Terkait Kerusuhan Papua

Wiranto menegaskan, pemerintah memberikan jaminan sepenuhnya terkait pemeliharaan stabilitas keamanan di seluruh wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengimbau seluruh masyarakat tidak terprovokasi hoaks dan isu-isu negatif terkait kerusuhan di Papua dan Papua Barat. 

"Saya mengimbau agar tidak terpancing dan terpengaruh berita-berita negatif dari pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merusak persatuan, kedamaian, dan kebersamaan kita sebagai bangsa yang bermartabat," ujar Wiranto di kantornya, Jakarta, Senin (19/8/2019).

"Berita hoaks bohong dan berita yang intervensi masalah ini untuk kepentingan lain, saya imbau untuk tak terpancing dan percaya dengan itu," sambungnya.

Mantan Panglima ABRI itu menegaskan, pemerintah memberikan jaminan sepenuhnya terkait pemeliharaan stabilitas keamanan di seluruh wilayah Indonesia. 

"Dan kepada aparat keamanan baik TNI dan Polri untuk senantiasa melaksanakan tindakan persuasif dan terukur terhadap masyarakat," kata Wiranto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Segera Berakhir

Dalam kesempatan ini, Wiranto berjanji pemerintah akan mengusut tuntas kerusuhan yang terjadi di beberapa tempat di Papua dan Papua Barat. Tak terkecuali terhadap pemicu kerusuhan tersebut.

"Telah diinstruksikan untuk melakukan pengusutan secara tuntas dan adil bagi siapapun yang dianggap melakukan pelanggaran hukum dalam peristiwa ini," ucapnya.

Wiranto berharap kasus tersebut cepat berakhir. "Semoga bisa cepat diselesaikan agar tetap fokus pada pembangunan nasional yang saat ini sedang digalakkan Presiden Joko Widodo," ujarnya memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.