Sukses

Gugup Saat Mengerek Bendera, Paskibraka Asal Jabar Ini Diberi Jokowi Sepeda

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba-tiba mencari sosok Rangga Wirabrata Mahardika yang merupakan anggota Paskibraka asal Jawa Barat. Momen ini terjadi saat Jokowi mengadakan acara silaturahmi dengan para anggota Paskibraka 2019 di Istana Negara Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Awalnya Jokowi mengadakan kuis dan meminta salah satu paskibraka untuk maju ke depan. Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tiba-tiba ingat paskibraka yang bertugas mengerek bendera Merah Putih saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka.

"Ah enggak jadi, enggak jadi. Bentar, sebentar. Saya undang ini aja lah, tadi pagi saya lihat. Kalau enggak sore, pagi ya? Pagi atau sore? Pagi ya, pagi. Yang ngerek bendera ada yang namanya Rangga?" tanya Jokowi dalam acara silaturahmi itu.

Rangga mendadak sontak kaget begitu namanya dipanggil oleh Jokowi. Siswa SMA Presiden Cikarang Jawa Barat itu langsung maju ke atas panggung.

"Dikenalkan dulu namanya Rangga, saya tahu," kata Jokowi.

"Perkenalkan saya Rangga dari Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi," ucap Rangga.

Mantan Wali Kota Solo itu lalu mengungkapkan alasannya mengingat dan memanggil Rangga. Saat mengerek bendera pusaka, Jokowi menyebut Rangga tampak sangat gugup.

"Kalau saya enggak sedikit lihat di TV tadi, agak banyak gugupnya. Kenapa sih? Ya meskipun enggak salah, tapi kelihatan agak grogi dikit. Sehingga harus ambil napasnya kelihatan. Saya melihat di TV itu, bener?" tanya dia.

Rangga pun ‎tidak bisa mengelak. Rangga mengakui bahwa dirinya memang gugup dan grogi.

"Agak gugup Pak, pas langkah akan ke tiang bendera. Pas di tiang bendera makin deg-degan," jawab Rangga.

Belum puas, Jokowi kembali bertanya alasan Rangga gugup saat bertugas mengerek bendera. Jokowi lalu bertanya apakah Rangga grogi lantaran teringat sang pacar.

"Agak gugup kenapa? Apa ingat pacar di rumah‎?" tanya Jokowi lagi disambut tawa para paskibraka yang lain.

Suasana pun kian riuh, Rangga tersipu malu. Teman-temannya meledekinya. Sampai akhirnya Jokowi menghadiahkan sepeda untuk Rangga.

"Itu saya siapkan sepeda, silakan ambil," ucap Jokowi.

2 dari 3 halaman

Senang

Rangga langsung turun podium untuk mengambil sepeda. Kepada wartawan, Rangga mengaku sangat senang dan tidak menyangka bakal diberi sepeda oleh Presiden Jokowi.

"Enggak nyangka dikasih sepeda. Maaf saya grogi karena di depan orang banyak. Tapi saya sudah lakukan yang terbaik," ujar Rangga.

Jokowi pun meminta agar para anggota Paskibraka menjaga keutuhan NKRI. Anggota Paskibraka dinilai tepat untuk menyampaikan pesan persatuan Indonesia.

"Jangan sampai negara kita yang beragam, seperti negara lain yang konflik, perang, puluhan tahun enggak selesai gara-gara mereka merasa tidak saling saudara. Kita semua saudara sebangsa dan setanah air. Sadarlah itu," jelas Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Jokowi dan DPR Rapat Bahas RUU KUHP
Artikel Selanjutnya
Ketua MPR: Kalau RUU KUHP Disahkan, Kita Punya UU Made in Indonesia