Sukses

Rampung Susun Kabinet, PPP Mengaku Belum Diberitahu Jokowi

Arsul merasa tidak ada salahnya Jokowi menyelesaikan kabinet tanpa memberitahu partai koalisi pendukungnya terlebih dahulu. Sebab itu merupakan hak prerogatif presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengaku pihaknya belum diberitahu Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait susunan kabinet baru. Kendati Jokowi sudah merampungkan susunan dan komposisi kabinet di periode keduanya.

"Pak Jokowi bisa jadi sudah final tapi kan kalau belum diberikan kami enggak tahu juga," kata Arsul saat berkunjung ke rumah Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis 15 Agustus 2019.

Arsul merasa tidak ada salahnya Jokowi menyelesaikan kabinet tanpa memberitahu partai koalisi pendukungnya terlebih dahulu. Sebab itu merupakan hak prerogatif presiden.

"Karena itu kan hak prerogatif presiden kan boleh juga presiden finalkan apa yang hal terbaik menurut presiden," ucapnya.

PPP telah bertemu dengan Jokowi pascapenetapan presiden periode 2019-2024 oleh KPU. Arsul mengeklaim, tidak bicara jatah kabinet dalam pertemuan itu. Jokowi menyampaikan kepada PPP bahwa akan diberikan portofolio kementerian.

"Pak Jokowi terhadap PPP baru menyampaikan pemberitahuan bahwa PPP tetap diminta beliau, akan diberi portofolio, dan kemudian apa portofolionya? Nanti pada akhirnya akan kami sampaikan," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dominasi Menteri dari Kalangan Profesional

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan komposisi menteri sudah terpenuhi. Kalangan profesional diberikan ruang lebih ketimbang partai politik di kabinet 2019-2024.

"Kabinet sudah final. Komposisi 45 persen parpol, 55 profesional," ujar Jokowi saat bertemu pemimpin redaksi media massa di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).

Dia juga menyatakan keseriusannya merekrut anak muda Indonesia berbakat untuk menjadi menteri di kabinet 2019-2024. Adapun kisaran umurnya yaitu 30 hingga 35 tahun.

"Ya ada yang umur-umur gitu, yang muda dan setengah muda dan ada yang setengah tua," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.