Sukses

Polisi: Lokasi Ricuh Jakmania dan Suporter PSM Makassar di Tebet Sudah Kondusif

Polisi di sektor wilayah terkait masih disiagakan guna mengantisipasi adanya aksi lanjutan antara Jakmania dengan suporter PSM Makassar.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar turun langsung ke lokasi kericuhan antarpendukung kesebelasan Persija Jakarta atau Jakmania dan PSM Makassar, di Kafe Komandan, Tebet, Jakarta Selatan. Usai menyisir lokasi sekira satu jam, Indra memastikan lokasi kejadian dan wilayah sekitarnya sudah aman terkendali.

"Pihak kepolisian sudah ada antisipasi, alhamdulillah setelah kondusif kita evakuasi suporter dan kita lihat mereka sudah pergi dan kita jamin keamanannya," kata Indra di lokasi kejadian, Selasa (6/8/2019).

Meski sudah dipastikan aman terkendali, Satuan Polres Jakarta Selatan mengatakan masih melakukan antisipasi penjagaan di lokasi. Indra mengatakan, jajaran polisi di sektor wilayah terkait masih disiagakan guna mengantisipasi adanya aksi lanjutan bentrok Jakmania dengan suporter PSM Makassar yang disebut The Macz Man.

"Situasi sekitar ini kita libatkan polsek yang sifatnya rayonisasi, petugas kita amankan sepanjang jalan, penempatan kendaraan patroli, dan wilyah sekitar," ucap Indra.

Indra juga mengimbau kepada warga untuk senantisa menjaga kondusifitas dan melaporkan sesegera mungkin bila kembali ada potensi bentrokan antara Jakmania dengan The Macs Man.

"Jadi kita ingatkan (warga) untuk memantau situasi mana kala ada euforia yang bisa memancing," Indra menandaskan.

Bentrok bermula saat pedukung PSM Makasar mengadakan nobar pertandingan bola antara PSM melawan Persija di Cafe Komandan.

Pertandingan akhirnya dimenangkan PSM. Pendukung PSM pun merayakan kemenangan dengan berjoget dan bernyanyi. Tidak lama kemudian Jakmania yang  melihat pendukung PSM merayakan kemenangan lalu tidak terima dan langsung menyerang mereka.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bongkahan Batu

Sejumlah suporter Persija Jakarta atau Jakmania dan pendukung PSM Makassar bentrok di depan kafe Komandan, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa sore (6/8/2019) sekitar pukul 18.00 WIB.

Pantauan di lokasi pukul 20.00 WIB, sisa-sisa kerusuhan dua suporter itu masih terlihat. Bongkahan batu, serpihan kaca, dan botol-botol plastik terlihat berserakan di lokasi. Tampak mobil sedan putih tak luput dari amukan massa.

 "Kacanya pecah nih bekas tadi rusuh," kata Toni, warga di lokasi, Kafe Komando, Tebet Jakarta Selatan, Selasa.

Meja-meja dan kursi di kafe tempat kejadian juga sudah tak beraturan, tampak di lokasi Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar tengah berkomunikasi dengan kerumunan massa diduga massa aksi.

Hingga saat ini Kombes Indra belum mau dimintai keterangan. Bersama jajaran satuan Polres Jaksel pihaknya masih menyisir lokasi dan normalisasi lalu lintas yang tersendat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.