Sukses

Gempa Banten yang Mengguncang Jakarta Berpotensi Tsunami

Gempa cukup kuat mengguncang Jakarta dan sekitarnya, Jumat (2/8) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa cukup kuat mengguncang Jakarta dan sekitarnya, Jumat (2/8) malam. Hampir sekitar 30 detik, gempa tidak hanya terasa di Jakarta, melainkan di Bekasi, Tangerang, Depok dan sekitarnya.

Terang saja gempa ini mengganggu aktivitas masyarakat. Mereka yang sedang berada di gedung perkantoran pun berhamburan turun ke jalan. Begitu juga yang ada di mall dan pusat perbelanjaan.

Bahkan, operasional Metro Mass Rapid Transit (MRT) juga sempat dihentikan sementara.

"Lagi duduk di sofa, kok terasa goyang-goyang," ujar Prayitno, warga Jakarta yang tinggal di sekitar Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Berdasar informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 147 km Barat Daya Sumur, Banten.

Gempa tersebut menurut BMKG, terjadi pada 19.03 WIB, Jumat (2/8/2019). Episentrum gempa berada di 7,54 Lintang Selatan, 104,58 Bujur Timut.

BMKG juga menegaskan, gempa dengan kedalaman 10 km ini berpotensi tsunami. Maka itu, masyarakat pun diharapkan tetap waspada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.
    Gempa magnitudo 5,5 mengguncang Banten, Jumat (4/2/2022). Lindu terjadi pada pukul 17.10 WIB.

    Gempa Banten

  • Gempa Jakarta

Video Terkini