Sukses

Sah Diresmikan, Koopsus TNI Akan Dampingi Densus 88 Lawan Terorisme

Koopsus ini nantinya akan berdampingan dengan Densus 88 dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melawan ancaman terorisme.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan Komando Operasi Khusus TNI (Koopsus) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Koopsus ini nantinya akan berdampingan dengan Densus 88 dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melawan ancaman terorisme.

"Tugas dari Koopsus TNI adalah mengatasi terorisme, baik dalam dan lauar negeri yang mengancam ideologi keselamatan dan keutuhan Bangsa Indonesia," ujar Hadi Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019).

Menurut Panglima TNI, pembentukan Koopsus ini merupakan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

"Berangkat pada UU Nomor 5 Tahun 2018 itu pun amanat konstitusi," papar Hadi.

Hadi menyebut, kelebihan Koopsus TNI ini adalah kecepatannya. Menurutnya, Koopsus bisa dengan sigap menangani ancaman karena komandonya langsung ke Panglima atas instruksi presiden.

Ia menyebutkan, Koopsus ini terdiri dari tiga matra dalam TNI, yakni matra darat, laut, dan juga udara.

"Jika ditanyakan kekuatannya, kekuatan ketiganya sama," ucap Hadi.

Acara peresmian itu juga dimeriahkan oleh aksi terjun payung dari beberapa satuan dengan mengibarakan bendera Mareh Putih dan bendera dari Tiga Matra TNI, serta bendera TNI.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinergitas 3 Matra

Koopsus merupakan salah satu perwujudan dari amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Menurut Panglima TNI, Koopsus ini merupakan kesatuan dari tiga matra. Menurut Hadi, TNI akan mensinergikan pasukan elite yang terdiri dari tiga matra dalam Koopsus ini. Pensinergian ini juga merupakan perwujudan dari doktrin TNI matra terpadu yaitu Tri Dharma Eka Karma.

"Saya ingin mensinergikan pelaksanaan tugas TNI secara gabungan sebagaimana doktrin TNI matra terpadu yaitu Tri Dharma Eka Karma," jelas Hadi.

Koopsus ini akan dikomandoi oleh Brigjen TNI Rochadi yang sebelumnya menjabat sebagai Dir A Bais TNI.

Selain itu, lanjut Hadi, pembentukan Koopsus ini juga merupakan realisasi 11 janji-janjinya kala ia dilantik sebagai Panglima TNI.

"Satuan ini juga merupakan implementasi dari 11 program prioritas yang saya canangkan saat dilantik sebagai panglima TNI, yaitu pembentukan pasukan khusus Trimatra," papar Hadi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.