Sukses

Hari Kedua di NTT, Jokowi Akan Kunjungi Taman Nasional Komodo

Sore harinya, Jokowi dan Iriana akan menuju Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, untuk terbang kembali ke Jakarta.

Liputan6.com, Labuan Bajo - Mengawali hari kedua kunjungan kerjanya ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Joko Widodo atau Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana akan meninjau Pulau Rinca. Pulau Rinca merupakan salah satu habitat Komodo.

Jokowi dan rombongan bertolak dari dermaga hotel tempatnya menginap, Kamis (11/7/2019), pukul 08.00 Wita. Mantan Gubernur DKI Jakarta mengunjungi Pulau Rinca dengan menggunakan kapal cepat.

Pulau Rinca terletak di sebelah barat Pulau Flores, yang dipisahkan oleh Selat Molo. Pulau Rinca beserta Pulau Komodo dan Pulau Padar merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat.

Setelah meninjau Pulau Rinca, Jokowi dan rombongan akan menumpangi kapal cepat untuk kembali ke Labuan Bajo. Kemudian, dia akan langsung meninjau rencana pengembangan Dermaga Philemon Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Usai santap siang, Jokowi diagendakan menuju kawasan Batu Cermin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, untuk melakukan peninjauan.

Sore harinya, Jokowi dan Iriana akan menuju Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, untuk lepas landas kembali ke Jakarta.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Waringin

Di sela-sela kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat menikmati keindahan alam Labuan Bajo dari Puncak Waringin. Hal ini dikakukan Jokowi saat meninjau Puncak Waringin untuk mengembangkan sektor pariwisata di Labuan Bajo, Rabu (10/7/2019).

Sambil mendengar pemaparan dari Direktur Jenderal Cipta Karya, Jokowi yang ditemani Ibu Negara Iriana melihat-lihat indahnya laut di Labuan Bajo. Dari tempat Jokowi berdiri, tampak pula berjejer kapal pesiar dan speedboat yang tengah menepi di pelabuhan.

Bahkan, Ibu Negara Iriana tampak antusias berfoto bersama dengan istri Gubernr NTT Victor Laiskodat, Julie S. Laiskodat. Sementara Jokowi, melanjutkan perbincangan dengan Dirjen Cipta Karya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Usai meninjau Puncak Waringin, Jokowi dan rombongan kemudian turun menuju pedestrian yang masih berada di kawasan tersebut. Jokowi sendiri berencana menjadikan Puncak Waringin sebagai pusat kerajinan tangan di Labuan Bajo.

Untuk menggenjot pariwisata, dia meminta agar pembangunan trotoar segera dirampungkan sehingga para wisatawan mancanegara dapat menikmati keindahan alam Labuan Bajo.

"Kita akan buat trotoar, tahun ini mulai, sampai ke ujung. Sehingga turis bisa menikmati view yang ada di depan sana," ucap Jokowi di lokasi.

Selain itu, Jokowi juga ingin menjadikan Labuan Bajo menjadi kawasan wisata premium atau menegah atas. Untuk itu, Jokowi meminta agar pembangunan sejumlah infrastruktur pariwisata di Labuan Bajo dipercepat.

"Segmentasi yang mau kita ambil di sini beda. Segmentasi yang premium. Oleh sebab itu, penataan kawasan Labuan Bajo penting sekali," ujar Jokowi.

Untuk mewujudkan Labuan Bajo menjadi pariwisata internasional, Jokowi juga meminta agar terminal serta landasan pacu di Bandara Komodo rampung pada 2020. Penataan pelabuhan dan pelebaran jalan menuju lokasi wisata untuk lebih mendukung arus wisatawan juga akan dilakukan.

"Ini memang total penataannya," katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.