Sukses

Tradisi Brobosan Iringi Kepergian Sutopo ke Tempat Pemakaman Umum

Liputan6.com, Boyolali - Prosesi pemakaman Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dimulai dari rumah duka di Dusun Surodadi, Siswodipuran, Boyolali, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (8/7/2019), Tradisi Brobosan digelar keluarga sebelum jenazah dibawa ke tempat pemakaman umum. Satu per satu anggota keluarga Sutopo Purwo memutari dan melalui kolong peti jenazah almarhum.

Kemudian, diiringi keluarga peti jenazah dibawa dengan ambulans ke TPU Sasonolayu sekitar 500 meter dari rumah duka. Air mata keluarga pun tak terbendung.

Setibanya di TPU, upacara pemakaman digelar dengan inspektur upacara Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Tampak hadir Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Orangtua, istri, dan anak-anak almarhum Sutopo Purwo Nugroho juga ikut mengantar hingga pemakaman.

Bunga tanda penghormatan kepada Sutopo diletakkan di tempat peristirahatan terakhirnya.

"Apa yang telah dilakukan beliau semasa hidupnya dalam keadaan sulit, dalam keadaan sakit, tapi masih bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat," kata Kepala BNPB Letjen Doni Monardo.

Sutopo Purwo Nugroho tutup usia di Guangzhou, China, Minggu 7 Juli 2019 dini hari. Sutopo meninggal dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru. Selamat jalan Pak Sutopo