Sukses

Anies Sediakan Posko Aduan Surat Berharga Korban Kebakaran Cipinang

Anies menyediakan posko pengaduan dan kepengurusan surat-surat berharga terbakar bagi korban kebakaran di Cipinang Besar Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan, Dinas Dukcapil Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan posko pengaduan dan kepengurusan surat-surat berharga terbakar bagi korban kebakaran di Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur.

"Sehingga dokumen milik warga tetap terjamin," tutur Anies dalam keterangannya, Minggu (7/7/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebutkan, pihaknya juga memastikan pengungsi dapat terpenuhi kebutuhan dasarnya. Terdata ada 47 kepala keluarga dan 147 jiwa yang menempati pengungsian sementara.

"Makanan 24 jam ada, untuk anak-anak kita siapkan kebutuhan mereka untuk sekolah, sehingga nanti tanggal 15 saat mereka mulai sekolah tidak ada masalah kebutuhannya, dan orangtua mendaatkan pelayanan kesehatan," jelas dia.

Tak hanya itu, dia menyatakan pihaknya juga telah melakukan operasi pengecekan saluran listrik di kampung-kampung.

"Jadi pada semua kampung kita lakukan inspeksi apakah ada jaringan listrik yang beresiko, saya pesan bagi rumah-rumah agar tak memberikan beban yang terlalu besar pada sambungan listrik yang tidak sesuai," kata Anies.

Sebelumnya, kebakaran melanda kawasan padat penduduk di Jalan Cipinang Jaya 1 A, RT 10 RW 07, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara.

Kasie Ops Damkar Jaktim Gatot Sulaiman mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 04.54 WIB, Sabtu, (6/7/2019). Usai menerima laporan terjadinya kebakaran, Damkar Jaktim langsung melakukan pemadaman.

"18 unit dikerahkan untuk memadamkan api. 90 personel dikerahkan," ujar dia saat dikonfirmasi, Sabtu (6/7/2019).

Dia mengatakan, ada sekitar 30 rumah tinggal terbakar. Api berhasil padam pada pukul 08.05 WIB. Untuk penyebab kebakaran hingga kini masih diselidiki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.