Sukses

Kenangan Kapolri Tito Karnavian saat Bersama TNI Amankan Pemilu 2019

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengenang peristiwa yang terjadi selama Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - TNI dan Polri menggelar olahraga bersama di Silang Monas Jakarta Pusat, Minggu (7/6/2019). Kegiatan ini digelar dalam rangka merayakan hari Bhayangkara ke-73.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengenang peristiwa yang terjadi selama Pemilu 2019. Menurut dia, hoaks dan polarisasi pendukung capres serta cawapers begitu terlihat.

Kemudian, pada 21 Mei dan 22 Mei 2019 situasi sempat memanas.

"Sangat luar biasa, ada istilah cebong lah kampret lah. Sekarang tidak ada lagi cebong kampret, sekarang adanya bangsa Indonesia," kata Tito di Silang Monas, Minggu (7/7/2019).

Tito menerangkan, berkat kerjasama antara TNI-Polri semua itu dapat dilalui dengan aman, damai dan lancar. TNI-Polri solid menjaga keamanan bangsa.

"Selama setahun terakhir, kebersamaan inilah yang membuat kita semua bisa berdiri tegak di Monas ini. Berbagai event besar selama setahun terutama tentang keamanan alhamdulilah bisa kita lalui bersama," ucap Tito Karnavian.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paling Membanggakan

"Sekali lagi saya melihat di lapangan, TNI dan Polri menyelesaikan itu di ujung tombak," dia menambahkan.

Yang paling membanggakan, sambung Tito, tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 17 April 2019 sangat tinggi. Jumlahnya paling banyak sepanjang sejarah reformasi.

"Pada tahun 2014, kemarin angkanya 69 persen. Tapi tahun 2019 naik menjadi 81 persen. Tingkat partisipasi tertinggi di dunia," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.